APKG 1 pembelajaran kelas rangkap.doc

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR)



1.  NAMA GURU/MAHASISWA     :
2.  N IM                                          :
3.  TEMPAT MENGAJAR              :
4.  Model PKR                                :
5.  MATA PELAJARAN                  :


6.  WAKTU                                     :
7.  TANGGAL                                 :

EDDIE BUDIMAN
836203935
SDN MUSTIKAJAYA III
222
1.IPA KELAS II
2.IPS KELAS III

2 X 35 menit
 02 Maret 2018

                              :
Baca dengan cermat Rancangan PKR yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa untuk praktek PKR di kelasnya sendiri. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rancangan tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :


1.    Menentukan tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
1
2
3
4
5
1.1  Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan Standar Isi dan Kompetensi




1.2  Merumuskan tujuan/indikator pembelajaran

Rata-rata butir 1 = A
2. Mengembangkan & mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar

2.1  Mengembangkan dan mengorganisasikan materi dari materi PKR yang dipilih
2.2 Menentukan dan mengembangkan alat bantu/media pembelajaran

2.3  Memilih sumber belajar

`Rata-rata butir 2 = B


3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran Kelas Rangkap

3.1  Menyusun langkah-langkah pembelajaran kelas rangkap
3.2  Menentukan alokasi waktu pembelajaran kelas rangkap

3.3  Menentukan cara-cara memotivasi siswa.

Rata-rata butir 3 = C



4. Merancang pengelolaan kelas

Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran kelas rangkap
Rata-rata butir 4 = D
5. Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian

5.1  Menentukan prosedur dan jenis penilaian

5.2  Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban                          

Rata-rata butir 5 = E
6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran Kelas Rangkap

6.1  Kebersihan dan kerapian
6.2  Pengunaan bahasa tulis

Rata-rata butir 6 = F



Nilai APKG 1 = Rata-rata Butir

   =                                                                 .
6
   = 

Mengetahui
Kepala Sekolah



UNJA SUGIONO, S.Pd.
NIP. 19640207 198603 1015






Bekasi,02 Maret 2018

Mahasiswa,



EDDIE BUDIMAN
NIM. 836203935








ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR)



1.  NAMA GURU/MAHASISWA     :
2.  N IM                                          :
3.  TEMPAT MENGAJAR              :
4.  Model PKR                                :
5.  MATA PELAJARAN                  :


6.  WAKTU                                     :
7.  TANGGAL                                 :

EDDIE BUDIMAN
836203935
SDN MUSTIKAJAYA III
221  /  222  /  333
1.IPA KELAS II
2.IPS KELAS III

2 X 35 menit
 02  Maret 2018


PETUNJUK :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut
4. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan !



1.    Melakukan pembelajaran                                                      1              2              3             4          5
1.1. Melaksanakan tugas rutin di kelas
1.2. Memulai kegiatan pembelajaran
1.3. Mengunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan
Kemampuan/tujuan/indicator,siswa,situasi,dan
Lingkungan
1.4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara
Individual, kelompok atau klasikal
1.5. Mengunakan sumber belajar yang sesuai dengan
Kemampuan,tujuan/situasi dan lingkungan
1.6. Mengunakan media belajar yang sesuai dengan
Tujuan,siswa,situasi dan lingkungan
1.7. Mengunakan waktu pembelajaran secara efesien
1.8. Mengakhiri kegiatan pembelajaran

Rata-rata butir 1 = A
2.    Mengelola interaksi kelas
2.1. Menunjukan perhatian serta sikap bersahabat,terbuka,
Dan penuh pengertian pada siswa
2.2. Memicu dan memelihara ketertipan siswa
2.3. Melakukan komunikasi secara efektif

Rata-rata butir 1 =B






3.    Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam PKR
(isi sesuai dengan RP PKR yang sedang dinilai)
a.       IPA
1). Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui
      Pengalaman langsung
2). Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman
      Langsung
3). Menampilkan penguasaan IPA

Rata rata butir 3.c = C
b.      IPS
1). Mengembangkan pemahaman konsep waktu
2). Mengembangkan pemahaman konsep ruang
3). Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan

Rata rata butir 3.d = C
4.    Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
1). Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
2). Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir
      Pembelajaran

Rata rata butir 4 = D
5.    Kesan umum pelaksanaan PKR
1). Peka terhadap kemampuan berbahasa
2). Penampilan guru dalam pembelajaran kelas rangkap
3). Keefektifan pembelajaraan kelas rangkap

Rata rata butir 5 = E


Nilai APKG 1 = Rata-rata Butir

R =  A+B+C+D+E
                  5

Bekasi,      Maret 2018
  Kepala Sekolah



UNJA SUGIONO, S.Pd.
NIP. 19640207 198603 1015
   =                                                                       .
5
   =






Comments

Popular posts from this blog

Penilaian Harian Tema 7 subtema 3. Indahnya Persatuan & Kesatuan Negeriku. Kls 4 SD 2019

Penilaian Harian Tema 9 Subtema 3.Pelestarian kekayaan SDA di Indonesia.kelas 4SD.2018/2019.doc

LATIHAN SOAL PAS semester ganjil.kls 4 SD.2018/2019