APKG 1 pembelajaran kelas rangkap.doc
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR)
|
1. NAMA GURU/MAHASISWA :
2. N
IM :
3. TEMPAT
MENGAJAR :
4. Model
PKR
:
5. MATA
PELAJARAN
:
6. WAKTU
:
7. TANGGAL
:
|
EDDIE BUDIMAN
836203935
SDN
MUSTIKAJAYA III
222
1.IPA KELAS II
2.IPS KELAS III
2
X 35 menit
02
Maret 2018
|
:
Baca dengan cermat Rancangan PKR yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa untuk praktek PKR di kelasnya sendiri. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rancangan tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
|
1. Menentukan tema, bahan pembelajaran dan
merumuskan tujuan/indikator
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1.1 Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai
dengan Standar Isi dan Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Merumuskan tujuan/indikator
pembelajaran
|
|
||||
|
Rata-rata butir 1 = A
|
|
||||
|
2. Mengembangkan &
mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
|
|
||||
|
2.1 Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi dari materi PKR yang dipilih
|
|
||||
|
2.2 Menentukan
dan mengembangkan alat bantu/media pembelajaran
|
|
||||
|
2.3 Memilih
sumber belajar
|
|
||||
|
`Rata-rata
butir 2 = B
|
|
||||
|
3. Merencanakan skenario
kegiatan pembelajaran Kelas Rangkap
|
|
||||
|
3.1 Menyusun
langkah-langkah pembelajaran kelas rangkap
|
|
||||
|
3.2 Menentukan
alokasi waktu pembelajaran kelas rangkap
|
|
||||
|
3.3 Menentukan
cara-cara memotivasi siswa.
|
|
||||
|
Rata-rata butir 3 = C
|
|
||||
|
4. Merancang pengelolaan
kelas
|
|
|
Menentukan cara-cara
pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran kelas
rangkap
|
|
|
Rata-rata butir 4 = D
|
|
|
5.
Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian
|
|
|
5.1 Menentukan
prosedur dan jenis penilaian
|
|
|
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
|
|
|
Rata-rata butir 5 = E
|
|
|
6. Tampilan dokumen
rencana pembelajaran Kelas Rangkap
|
|
|
6.1 Kebersihan
dan kerapian
|
|
|
6.2 Pengunaan
bahasa tulis
|
|
|
Rata-rata butir 6 = F
|
|
|
Nilai APKG 1 =
Rata-rata Butir
|
|
|
= .
6
=
Mengetahui
Kepala Sekolah
UNJA SUGIONO, S.Pd.
NIP. 19640207 198603 1015
|
Bekasi,02 Maret 2018
Mahasiswa,
EDDIE
BUDIMAN
NIM. 836203935
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR)
|
1. NAMA GURU/MAHASISWA :
2. N
IM :
3. TEMPAT MENGAJAR :
4. Model
PKR
:
5. MATA
PELAJARAN
:
6. WAKTU
:
7. TANGGAL
:
|
EDDIE BUDIMAN
836203935
SDN
MUSTIKAJAYA III
1.IPA KELAS II
2.IPS KELAS III
2
X 35 menit
02 Maret 2018
|
PETUNJUK :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut
4. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan !
1. Melakukan pembelajaran 1 2 3 4 5
1.1. Melaksanakan tugas rutin di kelas
1.2. Memulai kegiatan pembelajaran
1.3. Mengunakan ragam kegiatan yang
sesuai dengan
Kemampuan/tujuan/indicator,siswa,situasi,dan
Lingkungan
1.4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
secara
Individual,
kelompok atau klasikal
1.5. Mengunakan sumber belajar yang
sesuai dengan
Kemampuan,tujuan/situasi
dan lingkungan
1.6. Mengunakan media belajar yang
sesuai dengan
Tujuan,siswa,situasi
dan lingkungan
1.7. Mengunakan waktu pembelajaran
secara efesien
1.8. Mengakhiri kegiatan pembelajaran
Rata-rata
butir 1 = A
2. Mengelola interaksi kelas
2.1. Menunjukan
perhatian serta sikap bersahabat,terbuka,
Dan
penuh pengertian pada siswa
2.2. Memicu
dan memelihara ketertipan siswa
2.3. Melakukan komunikasi secara efektif
Rata-rata
butir 1 =B
3. Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam PKR
(isi
sesuai dengan RP PKR yang sedang dinilai)
a. IPA
1). Mendemonstrasikan pembelajaran
IPA melalui
Pengalaman langsung
2). Meningkatkan keterlibatan siswa
melalui pengalaman
Langsung
3). Menampilkan penguasaan IPA
Rata
rata butir 3.c = C
b. IPS
1).
Mengembangkan pemahaman konsep waktu
2).
Mengembangkan pemahaman konsep ruang
3).
Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan
Rata
rata butir 3.d = C
4. Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar
1). Melaksanakan penilaian selama
proses pembelajaran
2). Melaksanakan
penilaian hasil belajar pada akhir
Pembelajaran
Rata
rata butir 4 = D
5. Kesan umum pelaksanaan PKR
1). Peka
terhadap kemampuan berbahasa
2). Penampilan guru
dalam pembelajaran kelas rangkap
3). Keefektifan
pembelajaraan kelas rangkap
Rata
rata butir 5 = E
|
Nilai APKG 1 = Rata-rata Butir
R = A+B+C+D+E
5
|
Bekasi, Maret 2018
Kepala Sekolah
UNJA SUGIONO, S.Pd.
NIP. 19640207
198603 1015
|
|
= .
5
=
|
Comments
Post a Comment