RPP Bahasa Indonesia kelas 5 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
5.0 Mendegarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi disekitar yang disampaikan secara lisan
Indikator
- Siswa mendengarkan tentang suatu peristiwa
- Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
Tujuan Pembelajaran
- Mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa
- Menjawab pertanyaan
Materi Ajar
Cerita dan Peristiwa


Palang Merah remaja
Rima dan teman-temannya , yang tergabung dalam palang merah remaja, ikut serta membanu korban kebakaran diperkampungan disekitar perumahan mereka. Rima dan teman-temannya di damping oleh bapak dan ibu pembimbing palang merah remaja.Anggota palang erah remaja sibuk membagi-bagikan pakaian yang masih layak pakai.Mereka juga membagikan makanan yang sudah siap disantap.Wajah-wajah mereka tampak letih, tetapi mereka tidak mengeluh dan tetap bekerja dengan sigap.
Selesai membagikan pakaian dan makanan, Rima dan teman-temannya menulis daftar nama kepala keluarga dan anggota keluarga korban kebakaran. Tujuannya agar korban mendapat bantuan lebih lanjut jika diperlukan.Rima dan teman-temannya juga mencatat buku-buku pelajaran yang dibutuhkan anak-anak korban kebakaran.
Rima dan teman-temannya begitu sibuk dan letih, namun senyuman mereka masih mengembang dengan tulus


Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan cerita suatu peristiwa didepan kelas
- Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru
- Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru tentang cerita yang baru saja didengarkan

Elaborasi
- Menyiapkan kelompok diskusiuntuk siswa
- Menjelaskan isi cerita pendek yang telah dibacakan
- Siswa bertanya jawab tentang cerita pendek yang telah dibacakan oleh guru






Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti

Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa

Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  84, Penerbit Yudhistira

Teknik  Penilaian
Lisan
Instrument

SOAL
1. Siapa yang ditolong oleh Rima dan teman-temannya ?
2. Apa saja yang Rima dan teman-temannya lakukan saat menolong korban kebakaran ?
3. Bagaimana cara mereka melakukannya ?
4. Siapa yang mendapingi Rima saat menolong korban kebakaran ?
5. Apa pendapatmu terhadap sikap anggota palang merah remaja yang masih tersenyum tulus walaupun mereka letih ?




JAWABAN
1. Korban kebakaran
2. Membagi-bagikan pakaian layak pakai, membagikan makanan yang sudah siap disantap
3. Menulis daftar nama kepala dan anggota keluarga korban bencana kebakaran
4. Bapak /Ibu pembimbing palang merah remaja
5. Sangat terpuji dan patut dicontoh, membantu sesame dengant tulus dan IKhlas




Nilai Skor
Menilai improvisasi siswa dalam menjawab petanyaan secara lisan
Pencapaian ketuntasan 75



Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Binti Mahmudah,S.Pd.MP.d
NIP. 19670305 199005 2 001 NIP. 197212272007012007







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
5.0 Mendegarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi disekitar yang disampaikan secara lisan
Indikator
- Siswa menanggapi suatu masalah disekitar
Tujuan Pembelajaran
- Menanggapai masalah yang terjadi disekitar
Materi Ajar
Cerita dan Peristiwa


Palang Merah remaja
Rima dan teman-temannya , yang tergabung dalam palang merah remaja, ikut serta membanu korban kebakaran diperkampungan disekitar perumahan mereka. Rima dan teman-temannya di damping oleh bapak dan ibu pembimbing palang merah remaja.Anggota palang erah remaja sibuk membagi-bagikan pakaian yang masih layak pakai.Mereka juga membagikan makanan yang sudah siap disantap.Wajah-wajah mereka tampak letih, tetapi mereka tidak mengeluh dan tetap bekerja dengan sigap.
Selesai membagikan pakaian dan makanan, Rima dan teman-temannya menulis daftar nama kepala keluarga dan anggota keluarga korban kebakaran. Tujuannya agar korban mendapat bantuan lebih lanjut jika diperlukan.Rima dan teman-temannya juga mencatat buku-buku pelajaran yang dibutuhkan anak-anak korban kebakaran.
Rima dan teman-temannya begitu sibuk dan letih, namun senyuman mereka masih mengembang dengan tulus


Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan cerita suatu peristiwa didepan kelas
- Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru
- Siswa memberikan tanggapan terhadap suatu cerita yang dibacakan oleh guru

Elaborasi
- Menyiapkan kelompok diskusi untuk siswa
- Memberikan tanggapan dari suatu cerita atau masalah dalam cerita
- Siswa bertanya jawab tentang cerita pendek yang telah dibacakan oleh guru

Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti






Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa

Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  84, Penerbit Yudhistira

Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis

Instrument

Menanggapi watak tokoh
Perilaku Rima dan teman-temannya perlu dicontoh. Namun perlu diingat, untuk membantu sesame kita tidak perluharus menjadi anggota palang merah. Membantu korban bencana merupakan kewajiban kita semua.






Menanggapi pesan cerita
Cerita ini mengingatkan bahwa kita tidak dapat hidup sendiri. Musbah atau bencana tidak dapat diduga kapan datangnya dan dapat menimpa kita, saat bencana terjadi pada kita, kita perlu pertolongan orang lain




Nilai Skor
Menilai improvisasi siswa dalam menanggapi cerita secara lisan
Pencapaian ketuntasan 75



Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
5.0 Mendegarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi disekitar yang disampaikan secara lisan
Indikator
- Siswa menanggapi suatu masalah disekitar
Tujuan Pembelajaran
- Mengomentari persoalan factual disertai alas an yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Materi Ajar
Cerita dan Peristiwa
Mengomentari persoalan
Mengomentari berarti member ulasan atau tanggapan yang disertai dengan alas an dengan tujuan untuk lebih menerangkan atau menjelaskan. Hal yang bisa dikomentari antara lain adalah berita, pidato, cerita, dan suatu persoalan
Perhatikan persoalan berikut ini !


Dijalan Tol telah terjadi kecelakaan lalu lintas. Sebuah bus dengan kecepatan tinggi tiba-tiba meletus ban didepannya. Bus itu terbalik.Banyak korban dalam kecelakaan itu.Ada seorang wanita terjepit diantara kursi peumpang.Kakinya mengeluarkan banyak darah.



Apa komentarmu terhadap isi berita diatas ?berikan pula alasanmu !

Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan cerita suatu peristiwa yang diambil dari berita atau surat kabar lainnya
- Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru
- Siswa memberikan komentar atau tanggapan terhadap isi cerita yang dibacakan secara lisan

Elaborasi
- Menyiapkan kelompok diskusi untuk siswa
- Memberikan tanggapan dari suatu cerita atau masalah dalam cerita
- Siswa bertanya jawab tentang cerita peristiwa yang telah dibacakan oleh guru

Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti






Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa

Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  84, Penerbit Yudhistira

Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis

Instrument

Persoalan:
Dijalan Tol telah terjadi kecelakaan lalu lintas. Sebuah bus dengan kecepatan tinggi tiba-tiba meletus ban didepannya. Bus itu terbalik.Banyak korban dalam kecelakaan itu.Ada seorang wanita terjepit diantara kursi peumpang. Kakinya mengeluarkan banyak darah



Apa komentarmu terhadap isi berita itu ?beriken pula alasanmu !

Contoh komentar
1. Dia harus dibawa kerumah sakit
2. Dia pasti banyak kehilangan banyak darah
Alasan :
Apabila tidak segera dibawa kerumah sakit bisa berakibat fatal bagi dirinya karena darahnya terus berkurang. Itu akan mengakibatkan tubuhnya melemah.



Nilai Skor
Menilai improvisasi siswa dalam menanggapi persoalan secara lisan
Pencapaian ketuntasan 75



Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
5.0 Mendegarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita ( tokoh,tema,latar,dan amanat)
Indikator
- Siswa dapat mendengarkan pembaca cerita
- Siswa dapat bertanya jawabtentang isi cerita yang didengar
Tujuan Pembelajaran
- Mendengarkan cerita pendek
- Bertanya jawab tentang isi cerita
- Menyebutkan tokoh,sifat tokoh,latar,dan amanat
- Menceritakan kembali isi cerita
- Menanggapi isi cerita
Materi Ajar
Cerita pendek
Cerita pendek adalah suatu bentuk karya sastra yang mengisahkan kehidupan manusia,baik nyata atau khayalan yang disajikan secara singkat dan padat


Semangat Perjuangan Pattimura
Pattimura adalah pahlawan dari Maluku.Ia dikenal sebagai seorang pahlawan yang gagah berani. Ia berjuang melawan penjajah Belanda. Meskipun hanya menggunakan bambu runcing sebagai senjata, ia tetap semangat. Sampai suatu ketika,ia tertangkap Belanda dan dihukum gantung.


Apa tanggapanmu terhadap cerita diatas ?

Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan cerita pendek didepan kelas
- Siswa bertanya jawab tentang cerita pendek yang baru saja dibacakan
- Siswa menyebutkan tokoh, watak tokoh, latar dan amanat cerita
- Siswa menceritakan kembali  isi cerita tersebut
- Siswa menangggapi cerita yang dibacakan didepan kelas

Elaborasi
- Menyiapkan kelompok diskusi untuk siswa
- Memberikan tanggapan dari suatu cerita atau masalah dalam cerita
- Siswa bertanya jawab tentang cerita peristiwa yang telah dibacakan oleh guru

Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti




Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa

Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  69, Penerbit Departemen Pendidikan Nasional

Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis

Instrument


Semangat Perjuangan Pattimura
Pattimura adalah pahlawan dari Maluku.Ia dikenal sebagai seorang pahlawan yang gagah berani. Ia berjuang melawan penjajah Belanda. Meskipun hanya menggunakan bambu runcing sebagai senjata, ia tetap semangat. Sampai suatu ketika,ia tertangkap Belanda dan dihukum gantung.





Tanggapan :Pattimura adalah pahlawan yang gagah berani, dia mempertaruhkan jiwa raganya untuk bangsa dan Negara.
Tokoh : Pattimura
Watak tokoh : berani dan pantang menyerah
Latar : Maluku
Amanat : sosok pahlawan patimura patut kita contoh, dia berani,pantang menyerah dan selalu membela tanah air



Nilai Skor
Menilai improvisasi siswa dalam menanggapi dari cerita pendek
Pencapaian ketuntasan 75



Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
6.0 Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
Kompetensi Dasar
6.1 Mengomentari persoalan factual disertai alas an yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Indikator
- Siswa dapat mencermati persoalan atau masalah yang diajukan
- Siswa dapat menanggapi masalah yang diajukan
Tujuan Pembelajaran
- Memperagakan percakapan
- Menjawab pertanyaan
- Memberikan pendapat
Materi Ajar
Persoalan Faktual


Malaria di Papua
Riri menghabiskan susu digelasnya dengan wajah muram. Ayah bertanya “ apa yang sedang kamu pikirkan riri ?
“Riri baru saja membaca tentang Malaria di papua,Ayah.Apa yang bisa kami lakukan sebagai anggota PMR ?sahut Riri sambil meletakkan gelas.
“Apakah kamu punya sahabat pena dipapua?” Tanya Ayah sambil tersenyum haru.
Riri mengangguk, cristina dan taufik merupakan sahabat pena Riri di Papua”
“ surati saja mereka dan usulkan untuk mengadakan pembersihan lingkungan. Mintalah mereka mengajak warga sekitar untuk membersihkan sarang-sarang nyamuk.Minta juga kepada mereka untuk mengajak teman-teman disana agar lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan.Apalagi bagi mereka yang tinggal didekat rawa-rawa dan hutan. Oh iya perhatikan siklus hidup nyamuk Anopheles yang biasanya bergerak aktif pada pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk usulkan krim anti nyamuk” nasihat Ayah.
Begitu saja.Ayah ?“ Tanya Riri sambil murung
“ ya, seingat Ayah itu tugas PMR. Kalau kamu sudah lebih besar, kamu bisa pergi kesana dan melakukan lebih banyak hal untuk menolong korban malaria.kamu juga bisa ikut dengan IBu bersama tim sukarelawan PMR Indonesia ke Papua,” lanjut Ayah
“terima kasih,  Ayah.Riri akan menulis surat untuk cristina dan taufik,” sahut Riri sambil mencium pipi Ayahnya.



Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan cerita persoalan faktual didepan kelas
- Menjawab pertanyaan cerita

Elaborasi
- Menyiapkan kelompok diskusi untuk percakapan siswa
- Memberikan tanggapan dari suatu cerita atau masalah dalam cerita
- Siswa bertanya jawab tentang cerita peristiwa yang telah dibacakan oleh guru



Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti

Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa

Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  86, Penerbit Yudhistira

Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis

Instrument

Malaria di Papua
Riri menghabiskan susu digelasnya dengan wajah muram. Ayah bertanya “ apa yang sedang kamu pikirkan riri ?
“Riri baru saja membaca tentang Malaria di papua,Ayah.Apa yang bisa kami lakukan sebagai anggota PMR ?sahut Riri sambil meletakkan gelas.
“Apakah kamu punya sahabat pena dipapua?” Tanya Ayah sambil tersenyum haru.
Riri mengangguk, cristina dan taufik merupakan sahabat pena Riri di Papua”
“ surati saja mereka dan usulkan untuk mengadakan pembersihan lingkungan. Mintalah mereka mengajak warga sekitar untuk membersihkan sarang-sarang nyamuk.Minta juga kepada mereka untuk mengajak teman-teman disana agar lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan.Apalagi bagi mereka yang tinggal didekat rawa-rawa dan hutan. Oh iya perhatikan siklus hidup nyamuk Anopheles yang biasanya bergerak aktif pada pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk usulkan krim anti nyamuk” nasihat Ayah.
Begitu saja.Ayah ?“ Tanya Riri sambil murung
“ ya, seingat Ayah itu tugas PMR. Kalau kamu sudah lebih besar, kamu bisa pergi kesana dan melakukan lebih banyak hal untuk menolong korban malaria.kamu juga bisa ikut dengan IBu bersama tim sukarelawan PMR Indonesia ke Papua,” lanjut Ayah
“terima kasih,  Ayah.Riri akan menulis surat untuk cristina dan taufik,” sahut Riri sambil mencium pipi Ayahnya.




Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Kenapa wajah Riri muram ?
2. Di Provinsi mana malaria terjadi ?
3. Siapa nama sahabat Riri di Papua ?
4. Apa isi nasehat Ayah kepada Riri ?
5. Apa penyebab timbulnya penyakit Malaria ?


Nilai Skor
Menilai improvisasi siswa dalam menjawab dan  menanggapi persoalan Faktual
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
6.0 Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
Kompetensi Dasar
6.1 Mengomentari persoalan factual disertai alas an yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Indikator
- Siswa dapat mencermati persoalan atau masalah yang diajukan
- Siswa dapat menanggapi masalah yang diajukan
Tujuan Pembelajaran
- Memperagakan percakapan
- Menjawab pertanyaan
- Memberikan pendapat
Materi Ajar
Persoalan Faktual


Malaria di Papua
Riri menghabiskan susu digelasnya dengan wajah muram. Ayah bertanya “ apa yang sedang kamu pikirkan riri ?
“Riri baru saja membaca tentang Malaria di papua,Ayah.Apa yang bisa kami lakukan sebagai anggota PMR ?sahut Riri sambil meletakkan gelas.
“Apakah kamu punya sahabat pena dipapua?” Tanya Ayah sambil tersenyum haru.
Riri mengangguk, cristina dan taufik merupakan sahabat pena Riri di Papua”
“ surati saja mereka dan usulkan untuk mengadakan pembersihan lingkungan. Mintalah mereka mengajak warga sekitar untuk membersihkan sarang-sarang nyamuk.Minta juga kepada mereka untuk mengajak teman-teman disana agar lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan.Apalagi bagi mereka yang tinggal didekat rawa-rawa dan hutan. Oh iya perhatikan siklus hidup nyamuk Anopheles yang biasanya bergerak aktif pada pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk usulkan krim anti nyamuk” nasihat Ayah.
Begitu saja.Ayah ?“ Tanya Riri sambil murung
“ ya, seingat Ayah itu tugas PMR. Kalau kamu sudah lebih besar, kamu bisa pergi kesana dan melakukan lebih banyak hal untuk menolong korban malaria.kamu juga bisa ikut dengan IBu bersama tim sukarelawan PMR Indonesia ke Papua,” lanjut Ayah
“terima kasih,  Ayah.Riri akan menulis surat untuk cristina dan taufik,” sahut Riri sambil mencium pipi Ayahnya.



Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan cerita persoalan faktual didepan kelas
- Menjawab pertanyaan cerita
- Siswa memberikan pendapat tentang cerita persoalan faktual denga judul malaria di Papua

Elaborasi
- Menyiapkan kelompok diskusi untuk percakapan siswa
- Memberikan tanggapan dari suatu cerita atau masalah dalam cerita
- Siswa bertanya jawab tentang cerita peristiwa yang telah dibacakan oleh guru


Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti

Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa

Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  86, Penerbit Yudhistira

Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis

Instrument

Malaria di Papua
Riri menghabiskan susu digelasnya dengan wajah muram. Ayah bertanya “ apa yang sedang kamu pikirkan riri ?
“Riri baru saja membaca tentang Malaria di papua,Ayah.Apa yang bisa kami lakukan sebagai anggota PMR ?sahut Riri sambil meletakkan gelas.
“Apakah kamu punya sahabat pena dipapua?” Tanya Ayah sambil tersenyum haru.
Riri mengangguk, cristina dan taufik merupakan sahabat pena Riri di Papua”
“ surati saja mereka dan usulkan untuk mengadakan pembersihan lingkungan. Mintalah mereka mengajak warga sekitar untuk membersihkan sarang-sarang nyamuk.Minta juga kepada mereka untuk mengajak teman-teman disana agar lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan.Apalagi bagi mereka yang tinggal didekat rawa-rawa dan hutan. Oh iya perhatikan siklus hidup nyamuk Anopheles yang biasanya bergerak aktif pada pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk usulkan krim anti nyamuk” nasihat Ayah.
Begitu saja.Ayah ?“ Tanya Riri sambil murung
“ ya, seingat Ayah itu tugas PMR. Kalau kamu sudah lebih besar, kamu bisa pergi kesana dan melakukan lebih banyak hal untuk menolong korban malaria.kamu juga bisa ikut dengan IBu bersama tim sukarelawan PMR Indonesia ke Papua,” lanjut Ayah
“terima kasih,  Ayah.Riri akan menulis surat untuk cristina dan taufik,” sahut Riri sambil mencium pipi Ayahnya.




Berikanlah komentar dan alas an tentang persoalan yang diceritakan dalam cerita malaria di papua !
Perilaku Riri patut dicontoh,Riri sangat peduli tentang keadaan masyarakat  papua yang tengah diserang penyakit malaria, walaupun ia tidak langsung ikut serta tetapi ia selalu berusaha untuk menanggulangi masalah ini dengan memberikan informasi kepada sahabat pena di papua
Pesan cerita :menjaga kebersihan lingkungan itu sangat penting bagi kesehatan, untuk itu kita harus lebih menjaga daripada mengobati.


Nilai Skor
Menilai improvisasi siswa dalam menanggapi persoalan Faktual
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
6.0 Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
Kompetensi Dasar
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal,intonasi,dan ekspresi yang tepat
Indikator
- Siswa dapat memerankan tokoh drama
Tujuan Pembelajaran
- Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas
Materi Ajar
Drama


Sang Raja dan Putri Bungsu
Sang Raja : “ Putri-putriku, Ayahanda ingin bertanya. Seberapa besarkah cinta kalian kepada Ayahanda dan Ibunda ?
Putri Sulung : “ Ayahanda ,ananda saying sekali kepada Ayahanda dan Ibunda. Cinta ananda tidak bisa diukur dengan harta benda, Ayah.” (sang raja dan permaisuri tersenyum senang )
Sang Raja : “ Bagaimana dengan kalian anakku? (Tanya ang raja kepada putrid keduanya)
Putri Kedua : “ cinta ananda tidak dapat diukur dengan pangkat,jabatan,dan kedudukan.bahkan kedudukan sebaga raja sekalipun.”
Sang raja : “ Ayah tahu, lalu bagaimana dengan kalian putrid bungsuku ?”
Putri Bungsu : “ Ayahanda , cinta ananda seperti pentingnya garam dalam sebuah masakan.”
Sang Raja : “ Apa?” ( seru sang raja dengan nada marah)” jadi, cinta Ayahandamu kau samakan dengan garam?”
Putri Bungsu : “ tapi Ayah, bukankah garam sangat besar manfaatnya ?” tanpa garam semua masakan tidak akan terasa lezat,hambar rasanya. Ananda mengumpamakan cinta ananda seperti pentingnya garam dalam masakan.”
Permaisuri : “ Anakku coba kau pikirkan kembali kata-katamu.”(dengan sabar permaisuri menasehati putrid bungsunya)
Putri Bungsu : “Sudah, Ibunda.memang kenyataanya seperti itu. Maaf, Ayah. Putrimu hanya menunjukkan bahwa betapa manfaatnya garam bagi masakan.”
Sang raja : “ya,ya Anakku. Ayahanda sadar.kata-katamu memang benar. Maafkanlah Ayahandamu.” (sambil mendekati putrinya)


Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan sebuah drama didepan kelas
- Menjelaskan lafal , intonasi,dan ekspresi  yang jelas dalam membacakan sebuah drama
- Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas

Elaborasi
- Menyiapkan kelompok diskusi untuk membacakan sebuah drama didepan kelas
- Memberikan pengarahan pada siswa tentang ekspresi dalam membacakan sebuah drama
- Siswa bertanya jawab tentang tanda baca yang dipakai dalam sebuah drama atau percakaan


Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti

Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa

Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  88, Penerbit Yudhistira

Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis

Instrument
Menugaskan siswa membaca sebuah drama dengan memperhatikan lafal, intinasi, ekspresi, serta tanda baca yang tepat !


Sang Raja dan Putri Bungsu
Sang Raja : “ Putri-putriku, Ayahanda ingin bertanya. Seberapa besarkah cinta kalian kepada Ayahanda dan Ibunda ?
Putri Sulung : “ Ayahanda ,ananda saying sekali kepada Ayahanda dan Ibunda. Cinta ananda tidak bisa diukur dengan harta benda, Ayah.” (sang raja dan permaisuri tersenyum senang )
Sang Raja : “ Bagaimana dengan kalian anakku? (Tanya ang raja kepada putrid keduanya)
Putri Kedua : “ cinta ananda tidak dapat diukur dengan pangkat,jabatan,dan kedudukan.bahkan kedudukan sebaga raja sekalipun.”
Sang raja : “ Ayah tahu, lalu bagaimana dengan kalian putrid bungsuku ?”
Putri Bungsu : “ Ayahanda , cinta ananda seperti pentingnya garam dalam sebuah masakan.”
Sang Raja : “ Apa?” ( seru sang raja dengan nada marah)” jadi, cinta Ayahandamu kau samakan dengan garam?”
Putri Bungsu : “ tapi Ayah, bukankah garam sangat besar manfaatnya ?” tanpa garam semua masakan tidak akan terasa lezat,hambar rasanya. Ananda mengumpamakan cinta ananda seperti pentingnya garam dalam masakan.”
Permaisuri : “ Anakku coba kau pikirkan kembali kata-katamu.”(dengan sabar permaisuri menasehati putrid bungsunya)
Putri Bungsu : “Sudah, Ibunda.memang kenyataanya seperti itu. Maaf, Ayah. Putrimu hanya menunjukkan bahwa betapa manfaatnya garam bagi masakan.”
Sang raja : “ya,ya Anakku. Ayahanda sadar.kata-katamu memang benar. Maafkanlah Ayahandamu.” (sambil mendekati putrinya)



Nilai Skor
Menilai lafal,intonasi, dan ekspresi siswa dalam membaca naskah drama
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
6.0 Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
Kompetensi Dasar
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal,intonasi,dan ekspresi yang tepat
Indikator
- Siswa dapat memerankan tokoh drama
- Mengungkapkan pendapat tentang drama
Tujuan Pembelajaran
- Memerankan drama pendek anak-anak dengan laal,intonasi,dan penghayatan,dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh
Materi Ajar
Drama


Sang Raja dan Putri Bungsu
Sang Raja : “ Putri-putriku, Ayahanda ingin bertanya. Seberapa besarkah cinta kalian kepada Ayahanda dan Ibunda ?
Putri Sulung : “ Ayahanda ,ananda saying sekali kepada Ayahanda dan Ibunda. Cinta ananda tidak bisa diukur dengan harta benda, Ayah.” (sang raja dan permaisuri tersenyum senang )
Sang Raja : “ Bagaimana dengan kalian anakku? (Tanya ang raja kepada putrid keduanya)
Putri Kedua : “ cinta ananda tidak dapat diukur dengan pangkat,jabatan,dan kedudukan.bahkan kedudukan sebaga raja sekalipun.”
Sang raja : “ Ayah tahu, lalu bagaimana dengan kalian putrid bungsuku ?”
Putri Bungsu : “ Ayahanda , cinta ananda seperti pentingnya garam dalam sebuah masakan.”
Sang Raja : “ Apa?” ( seru sang raja dengan nada marah)” jadi, cinta Ayahandamu kau samakan dengan garam?”
Putri Bungsu : “ tapi Ayah, bukankah garam sangat besar manfaatnya ?” tanpa garam semua masakan tidak akan terasa lezat,hambar rasanya. Ananda mengumpamakan cinta ananda seperti pentingnya garam dalam masakan.”
Permaisuri : “ Anakku coba kau pikirkan kembali kata-katamu.”(dengan sabar permaisuri menasehati putrid bungsunya)
Putri Bungsu : “Sudah, Ibunda.memang kenyataanya seperti itu. Maaf, Ayah. Putrimu hanya menunjukkan bahwa betapa manfaatnya garam bagi masakan.”
Sang raja : “ya,ya Anakku. Ayahanda sadar.kata-katamu memang benar. Maafkanlah Ayahandamu.” (sambil mendekati putrinya)


Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Menjelaskan lafal , intonasi,dan ekspresi  yang jelas dalam membacakan sebuah drama
- Siswa Membaca dan memerankan dialog drama pendek anak-anak dengan lafal,intonasi,penghayatan dan ekspresi yang tepat

Elaborasi
- Menyiapkan kelompok untuk membagi peran dalam drama yang akan dibacakan
- Memberikan pengarahan pada siswa tentang ekspresi dalam membacakan sebuah drama
- Siswa bertanya jawab tentang tanda baca yang dipakai dalam sebuah drama atau percakaan

Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti

Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa

Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  88, Penerbit Yudhistira

Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis

Instrument
Menugaskan siswa untuk membaca dan memerankan sebuah drama pendek anak-anak  dengan memperhatikan lafal, intinasi, penghayatan,ekspresi, serta tanda baca yang tepat !


Sang Raja dan Putri Bungsu
Sang Raja : “ Putri-putriku, Ayahanda ingin bertanya. Seberapa besarkah cinta kalian kepada Ayahanda dan Ibunda ?
Putri Sulung : “ Ayahanda ,ananda saying sekali kepada Ayahanda dan Ibunda. Cinta ananda tidak bisa diukur dengan harta benda, Ayah.” (sang raja dan permaisuri tersenyum senang )
Sang Raja : “ Bagaimana dengan kalian anakku? (Tanya ang raja kepada putrid keduanya)
Putri Kedua : “ cinta ananda tidak dapat diukur dengan pangkat,jabatan,dan kedudukan.bahkan kedudukan sebaga raja sekalipun.”
Sang raja : “ Ayah tahu, lalu bagaimana dengan kalian putrid bungsuku ?”
Putri Bungsu : “ Ayahanda , cinta ananda seperti pentingnya garam dalam sebuah masakan.”
Sang Raja : “ Apa?” ( seru sang raja dengan nada marah)” jadi, cinta Ayahandamu kau samakan dengan garam?”
Putri Bungsu : “ tapi Ayah, bukankah garam sangat besar manfaatnya ?” tanpa garam semua masakan tidak akan terasa lezat,hambar rasanya. Ananda mengumpamakan cinta ananda seperti pentingnya garam dalam masakan.”
Permaisuri : “ Anakku coba kau pikirkan kembali kata-katamu.”(dengan sabar permaisuri menasehati putrid bungsunya)
Putri Bungsu : “Sudah, Ibunda.memang kenyataanya seperti itu. Maaf, Ayah. Putrimu hanya menunjukkan bahwa betapa manfaatnya garam bagi masakan.”
Sang raja : “ya,ya Anakku. Ayahanda sadar.kata-katamu memang benar. Maafkanlah Ayahandamu.” (sambil mendekati putrinya)



Nilai Skor
Menilai lafal,intonasi, dan ekspresi siswa dalam membaca naskah drama
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
6.0 Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
Kompetensi Dasar
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal,intonasi,dan ekspresi yang tepat
Indikator
- Siswa dapat memerankan tokoh drama
- Mengungkapkan pendapat tentang drama
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengungkapkan perasaan dan pikiran secara lisan
Materi Ajar
Drama


Sang Raja dan Putri Bungsu
Sang Raja : “ Putri-putriku, Ayahanda ingin bertanya. Seberapa besarkah cinta kalian kepada Ayahanda dan Ibunda ?
Putri Sulung : “ Ayahanda ,ananda saying sekali kepada Ayahanda dan Ibunda. Cinta ananda tidak bisa diukur dengan harta benda, Ayah.” (sang raja dan permaisuri tersenyum senang )
Sang Raja : “ Bagaimana dengan kalian anakku? (Tanya ang raja kepada putrid keduanya)
Putri Kedua : “ cinta ananda tidak dapat diukur dengan pangkat,jabatan,dan kedudukan.bahkan kedudukan sebaga raja sekalipun.”
Sang raja : “ Ayah tahu, lalu bagaimana dengan kalian putrid bungsuku ?”
Putri Bungsu : “ Ayahanda , cinta ananda seperti pentingnya garam dalam sebuah masakan.”
Sang Raja : “ Apa?” ( seru sang raja dengan nada marah)” jadi, cinta Ayahandamu kau samakan dengan garam?”
Putri Bungsu : “ tapi Ayah, bukankah garam sangat besar manfaatnya ?” tanpa garam semua masakan tidak akan terasa lezat,hambar rasanya. Ananda mengumpamakan cinta ananda seperti pentingnya garam dalam masakan.”
Permaisuri : “ Anakku coba kau pikirkan kembali kata-katamu.”(dengan sabar permaisuri menasehati putrid bungsunya)
Putri Bungsu : “Sudah, Ibunda.memang kenyataanya seperti itu. Maaf, Ayah. Putrimu hanya menunjukkan bahwa betapa manfaatnya garam bagi masakan.”
Sang raja : “ya,ya Anakku. Ayahanda sadar.kata-katamu memang benar. Maafkanlah Ayahandamu.” (sambil mendekati putrinya)


Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Menjelaskan lafal , intonasi,dan ekspresi  yang jelas dalam membacakan sebuah drama
- Siswa Membaca dan memerankan dialog drama pendek anak-anak dengan lafal,intonasi,penghayatan dan ekspresi yang tepat
- Siswa mengungkapkan perasaan dan pikiran secara lisan
Elaborasi
- Menyiapkan kelompok untuk membagi peran dalam drama yang akan dibacakan
- Memberikan pengarahan pada siswa tentang ekspresi dalam membacakan sebuah drama
- Siswa bertanya jawab tentang tanda baca yang dipakai dalam sebuah drama atau percakaan


Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti

Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa

Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  88, Penerbit Yudhistira

Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis

Instrument
Menugaskan siswa untuk membaca dan memerankan sebuah drama pendek anak-anak  dengan memperhatikan lafal, intinasi, penghayatan,ekspresi, serta tanda baca yang tepat !


Sang Raja dan Putri Bungsu
Sang Raja : “ Putri-putriku, Ayahanda ingin bertanya. Seberapa besarkah cinta kalian kepada Ayahanda dan Ibunda ?
Putri Sulung : “ Ayahanda ,ananda saying sekali kepada Ayahanda dan Ibunda. Cinta ananda tidak bisa diukur dengan harta benda, Ayah.” (sang raja dan permaisuri tersenyum senang )
Sang Raja : “ Bagaimana dengan kalian anakku? (Tanya ang raja kepada putrid keduanya)
Putri Kedua : “ cinta ananda tidak dapat diukur dengan pangkat,jabatan,dan kedudukan.bahkan kedudukan sebaga raja sekalipun.”
Sang raja : “ Ayah tahu, lalu bagaimana dengan kalian putrid bungsuku ?”
Putri Bungsu : “ Ayahanda , cinta ananda seperti pentingnya garam dalam sebuah masakan.”
Sang Raja : “ Apa?” ( seru sang raja dengan nada marah)” jadi, cinta Ayahandamu kau samakan dengan garam?”
Putri Bungsu : “ tapi Ayah, bukankah garam sangat besar manfaatnya ?” tanpa garam semua masakan tidak akan terasa lezat,hambar rasanya. Ananda mengumpamakan cinta ananda seperti pentingnya garam dalam masakan.”
Permaisuri : “ Anakku coba kau pikirkan kembali kata-katamu.”(dengan sabar permaisuri menasehati putrid bungsunya)
Putri Bungsu : “Sudah, Ibunda.memang kenyataanya seperti itu. Maaf, Ayah. Putrimu hanya menunjukkan bahwa betapa manfaatnya garam bagi masakan.”
Sang raja : “ya,ya Anakku. Ayahanda sadar.kata-katamu memang benar. Maafkanlah Ayahandamu.” (sambil mendekati putrinya)




Drama merupakan karangan yang berbentuk dialog yang dipentaskan, dalam naskah drama terdapat cerita dialog, gambaran keadaan pentas, gerak-gerik pelaku, dan situasi



Nilai Skor
Menilai lafal,intonasi, dan ekspresi siswa dalam membaca naskah drama
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
7.0  Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas,membaca memindai,dan membaca cerita anak
Kompetensi Dasar
7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
Indikator
- Membaca dua bacaan
- Mencatat persamaan dan perbedaan dari kedua bacaan
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membaca dua teks yang bertema sama
- Menjelaskan garis besar isi teks
- Membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan
Materi Ajar
Membandingkan isi dua teks

Palang Merah Remaja
SD Indrasari mendirikan PMR tiga bulan yang lalu.tujuan didirikannya PMR adalah agar setiap siswa memahami tugas-tugas kepalangmerahan.organisasi PMR itu termasuk organisasi yang bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan.
Kegiatan PMR di SD Indrasari terbilang masih baru sehingga siswa kelas5 dan kelas 6 dan banyak yang mendaftar sebagai anggota
Latihan PMR diadakan setiap hari sabtu. Dalam setiap latihan anggota diarahkan agar memahami bagaimana menolong orang yangmemerlukan bantuan,misalnya menolong korban kecelakaan dan bencana alam.
Ketika terjadi bencana alam di desa tetangga anggota PMR desa Indrasari ikut membantu.mereka mengumpulkan bantuan dana baik dari anggota PMR ,siswa-siswa yang lain,maupun dari masyarakat.hasil pengumpulan dana sumbangan itu disalurkan melalui PMI kepada korban bencana.


Kegiatan Kemanusiaan
Pagi itu Santi sudah rapi.selesai makan pagi ia segera keruang depan memakai sepatunya.Roni adik laki-laki Santi menghampirinya.
Hari minggu begini kaka mau pergi kemana? Tanya Roni
Ke sekolah , mau latihan PMR,jawab santi
Apa itu PMR kak ?tanya Roni
PMR singkatan dari palang merah remaja.PMR bergerak dibidang sosial dan kemasyarakatan.setelah selesai memakai sepatu,santi menunggu teman-temannya datang menjemput.Roni masih duduk disebelah santi.
Kak latihan PMR seperti apa ?tanya Roni lagi
Latihan menolong orang sakit,membantu orang yang tertimpa bencana alam,dan juga mencari dana sumbangan dari para donator atau dari masyarakat.bantuan sumbangan juga dapat berupa pembelian stiker PMI.
Apakah itu PMI kak? PMI singkatan dari palang merah Indonesia .PMI termasuk organisasi netral yang bergerak dibidang kemanusiaan. Tujuannya menolong orang sakit,menolong korban bencana alam,dan menolong korban perang.
Sudah dulu ya, Ron.itu teman-teman kakak sudah datang” kata santi sambil berdiri dan mengangkat tasnya


Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi




Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Mengajak siswa membaca teks dua bacaan
- Menjelaskan garis besar pada kedua teks tersebut
- Siswa mencatat persamaan dan perbedaan dari kedua bacaan
Elaborasi
- Memberikan tugas individu dalammembandingkan isi dua teks
- Memberikan pengarahan pada tentang gagasan pokok pada kedua bacaan
- Siswa bertanya jawab tentang cara membandingkan isi dua bacaan
Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  88, Penerbit Yudhistira
Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis
Instrument

tugas :
Buatlah catatan persamaan dan perbedaan isi dua bacaan yang telah kalian baca
Tulisah gagasan utama pada masing-masing teks tersebut
Kemudian bacakan didepan kelas


Nilai Skor
Menilai kemampuan siswa salam membandingkan isi dua bacaan
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
7.0  Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas,membaca memindai,dan membaca cerita anak
Kompetensi Dasar
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus(buku petunjuk telepon,jadwal perjalanan,daftar acara,menu dll )
Indikator
- Membaca jadwal penerbangan pesawat
- Menjawab pertanyaan
- Menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjawab pertanyaan
- Siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
Materi Ajar
Membaca Memindai
Informasi adalah pemberitahuan , penerangan, kabar atau berita tentang sesuatu
Membaca memindai adalah membaca yang dilakukan secara cepat.meskipun dilakukan secara cepat,kamu harus memahami isi bacaan. Tujuan membaca memindai adalah untuk memahami isi bacaan dengan cepat. Membaca memindai biasanya digunakan untuk membaca daftar isi,daftar menu atau daftar jadwal pertandingan
Menemukan informasi dengan cepat dapat dilakukan dengan berbagai cara,bisa melalui majalah, Koran, internet. Misalnya bila kamu inginmengetahui jadwal penerbangn, kamu cukup melihatnya di Koran.

Jadwal Penerbangan Pesawat
Bandara Adi sutjiptoYogyakarta

Tujuan No Penerbangan Maskapai Jam Hari
Penerbangan Berangkat
    Surabaya JT 560 Wings Air          06.05           setiap hari
JP 231 Batavia Air          12.10           setiap hari
   Surabaya MZ 3561 Merpati          13.10                    setiap hari
GA 430 Garuda         15.30                     setiap hari



Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membaca jadwal penerbangan di bandara Adi Sutjipto
- Menjelaskan jadwal penerbangan dalam bentuk kalimat
- Siswa menjawab pertanyaan
Elaborasi
- Memberikan tugas individu tentang membaca memindai
- Siswa bertanya jawab tentang cara membaca informasi yang cepat





Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  110, Penerbit Departemen pendidikan
Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis
Instrument

tugas :
Carilah sebuah jadwal perjalanan di surat kabar.kemudian, cobalah untuk menjelaskan informasi tersebut dalam bentuk paragraf .kamu dapat menyalin jawabanmu dibuku latihan.




Nilai Skor
Menilai kemampuan siswa dalam membaca informasi yang cepat
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
7.0  Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas,membaca memindai,dan membaca cerita anak
Kompetensi Dasar
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Indikator
- Membaca cerita
- Menjawab pertanyaan
- Menuliskan kesimpulan isi cerita
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mendengarkan cerita dengan baik
- Siswa dapat bertanya jawab tentang cerita
- Siswa dapat menuliskan kesimpulan
Materi Ajar
Cerita anak

Kegiatan Kemanusiaan
Pagi itu Santi sudah rapi.selesai makan pagi ia segera keruang depan memakai sepatunya.Roni adik laki-laki Santi menghampirinya.
Hari minggu begini kaka mau pergi kemana? Tanya Roni
Ke sekolah , mau latihan PMR,jawab santi
Apa itu PMR kak ?tanya Roni
PMR singkatan dari palang merah remaja.PMR bergerak dibidang sosial dan kemasyarakatan.setelah selesai memakai sepatu,santi menunggu teman-temannya datang menjemput.Roni masih duduk disebelah santi.
Kak latihan PMR seperti apa ?tanya Roni lagi
Latihan menolong orang sakit,membantu orang yang tertimpa bencana alam,dan juga mencari dana sumbangan dari para donator atau dari masyarakat.bantuan sumbangan juga dapat berupa pembelian stiker PMI.
Apakah itu PMI kak? PMI singkatan dari palang merah Indonesia .PMI termasuk organisasi netral yang bergerak dibidang kemanusiaan. Tujuannya menolong orang sakit,menolong korban bencana alam,dan menolong korban perang.
Sudah dulu ya, Ron.itu teman-teman kakak sudah datang” kata santi sambil berdiri dan mengangkat tasnya



Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan cerita anak di depan kelas
- Bertanya jawab atascerita yang telah dibacakan
- Memberikan kesimpulan tentang cerita anak yang telah dibacakan
Elaborasi
- Memberikan tugas individu
- Siswa membuat kesimpulan tentang isi cerita yang dibacakan





Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  110, Penerbit Departemen pendidikan
Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis
Instrument

tugas  mandiri !
1. Apa yang dilakukan santi disekolah pada hari minggu ?
2. Apa yang dimaksud dengan PMR ?
3. Bergerak dibidang apa organisasi PMR ?
4. Dapatkah kita menjadi anggota PMR ?
5. Apa manfaat yang didapat jika kita menjadi anggota PMR ?
6. Apa saja bantuan yang dapat kita berikan kepada PMI ?
7. Dari manakah PMI mendapat bantuan ?
8. Apa tujuan didirikannya PMI ?
9. Apa singkatan dari PMI ?
10. Tuliskan kesimpulan dari cerita diatas !



Nilai Skor
Jumlah benar  x  2  = jumlah nilai
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
8.0  Menulis
Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi,dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan,laporan,dan puisi bebas
Kompetensi Dasar
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Indikator
- Memahami langkah-langkah dalam kegiatan meringkas
- Membaca seksama bacaan yang akan diringkas
- Meringkas bacaan atau buku
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menulis pokok-pokok isi buku
- Siswa dapat menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat
Materi Ajar
Ringkasan
Meringkas adalah mengambil inti sari dari suatu pembicaraan atau tulisan. Dengan meringkas kamu dapat mengetahui garis besar sebuah tulisan
Langkah-langkah membuat ringkasan buku,yaitu
Teks dibaca berulang-ulang agar memahami isinya
Menuliskan gagasan pokok yang ada disetiap paragraph
Gagasan pokok selanjutnya disusun menjadi Satu
Cara menyusun hasil ringkasan,yaitu
Susunlah menggunakan kalimat tunggal
Kalimat keterangan harus dibuang
Gagasan asli harus tetap tertulis runtut
Contoh

Ringkasan Buku
Judul buku : Reni si Anak Yatim yang Pandai
Penulis       : Rudi Waluyo
Reni si Anak Yatim yang Pandai
Buku ini menceritakan seorang anak yatim piatu yang bernama Reni.Ayahnya sudah meninggal dan keluarganya hidup miskin.Meskipun begitu Reni bertekad untuk tetap sekolah. Sepu;ang sekolah Reni  bekerja menjual es di tepi jalan raya. Walaupun begitu ia selalu meluangkan waktunya untuk belajar. Ia tidak pernah terlanbat sekolah apalagi membolos. Reni termasuk anak yang pintar dikelasnya.
Dalam buku ini,penulis ingin mengajak kamu untuk mencontoh Reni yang selalu bersemangat dalam belajar,meskipun ia miskin. Nilai-nilai kedisiplinan dalam cerita ini bisa kamu contoh.


Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan cerita anak di depan kelas
- Menjelaskan langkah-langkah dalam meringkas sebuah bacaan
- Memberikan kesimpulan tentang cerita anak yang telah dibacakan




Elaborasi
- Memberikan tugas individu
- Siswa membuat langkah-langkah ringkasan atas isi cerita yang dibacakan
Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  120, Penerbit Departemen pendidikan
Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis
Instrument

Ringkasan Buku
Judul buku : Reni si Anak Yatim yang Pandai
Penulis       : Rudi Waluyo
Reni si Anak Yatim yang Pandai
Buku ini menceritakan seorang anak yatim piatu yang bernama Reni.Ayahnya sudah meninggal dan keluarganya hidup miskin.Meskipun begitu Reni bertekad untuk tetap sekolah. Sepu;ang sekolah Reni  bekerja menjual es di tepi jalan raya. Walaupun begitu ia selalu meluangkan waktunya untuk belajar. Ia tidak pernah terlanbat sekolah apalagi membolos. Reni termasuk anak yang pintar dikelasnya.
Dalam buku ini,penulis ingin mengajak kamu untuk mencontoh Reni yang selalu bersemangat dalam belajar,meskipun ia miskin. Nilai-nilai kedisiplinan dalam cerita ini bisa kamu contoh.


Nilai Skor
Kemampuan siswa dalam membuat ringkasan sebuah bacaan
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
8.0  Menulis
Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi,dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan,laporan,dan puisi bebas
Kompetensi Dasar
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Indikator
- Memahami langkah-langkah dalam kegiatan meringkas
- Membaca seksama bacaan yang akan diringkas
- Meringkas bacaan atau buku
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menulis pokok-pokok isi buku
- Siswa dapat menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat
Materi Ajar
Ringkasan
Meringkas adalah mengambil inti sari dari suatu pembicaraan atau tulisan. Dengan meringkas kamu dapat mengetahui garis besar sebuah tulisan
Langkah-langkah membuat ringkasan buku,yaitu
Teks dibaca berulang-ulang agar memahami isinya
Menuliskan gagasan pokok yang ada disetiap paragraph
Gagasan pokok selanjutnya disusun menjadi Satu
Cara menyusun hasil ringkasan,yaitu
Susunlah menggunakan kalimat tunggal
Kalimat keterangan harus dibuang
Gagasan asli harus tetap tertulis runtut
Contoh

Ringkasan Buku
Judul buku : Reni si Anak Yatim yang Pandai
Penulis       : Rudi Waluyo
Reni si Anak Yatim yang Pandai
Buku ini menceritakan seorang anak yatim piatu yang bernama Reni.Ayahnya sudah meninggal dan keluarganya hidup miskin.Meskipun begitu Reni bertekad untuk tetap sekolah. Sepu;ang sekolah Reni  bekerja menjual es di tepi jalan raya. Walaupun begitu ia selalu meluangkan waktunya untuk belajar. Ia tidak pernah terlanbat sekolah apalagi membolos. Reni termasuk anak yang pintar dikelasnya.
Dalam buku ini,penulis ingin mengajak kamu untuk mencontoh Reni yang selalu bersemangat dalam belajar,meskipun ia miskin. Nilai-nilai kedisiplinan dalam cerita ini bisa kamu contoh.


Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan cerita anak di depan kelas
- Menjelaskan langkah-langkah dalam meringkas sebuah bacaan
- Menjelaskan cara menyusun hasil ringkasan




Elaborasi
- Memberikan tugas kelompok untuk siswa
- Siswa membuat langkah-langkah  membuat ringkasan atas isi cerita yang dibacakan
- Siswa dapat menyusun hasil ringkasan
Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  120, Penerbit Departemen pendidikan
Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis
Instrument

Kamu dapat membentuk sebuah kelompok yang terdiri atas 4 orang.Bersama kelompokmu cobalah untuk mencari sebuh buku yang kamu suka. Kamu dapat membacanya, kemudian meringkas isi buku tersebut. Kamu dapat menulis hasil ringkasanmu dibuku latihan.



Nilai Skor
Kemampuan siswa dalam membuat ringkasan sebuah bacaan
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
8.0  Menulis
Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi,dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan,laporan,dan puisi bebas
Kompetensi Dasar
8.2 Menulis laporan pengamatan /kunjungan berdasarkan tahapan ( catatan,konsep awal,perbaikan,final)
Indikator
- Menyusun laporan peristiwa
- Menyampaikan laporan secara lisan
- Memperbaiki tulisan laporan
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyusun laporan peristiwa
- Siswa dapat menyampaikan laporan secara lisan
- Siswa dapat memperbaiki laporan
Materi Ajar
Laporan Pengamatan
Laporan pengamatan adalah menyampaikan atau memberitahukan sesuatu dari hasil yang telah diamati.
Langkah-langkah menulis laporan,antara lain
Lakukanlah pengamatanterhadap suatu hal atau kegiatan
Catatlah pokok-pokok yang penting
Buatlah dalam bentuk laporan

Saat terjadi gempa bumi di Yogyakarta tanggal 26 Mei 2006 banyak bangunan yang roboh.Warga banyak yang terluka karena tertimpa bangunan yang roboh tersebut.Bantuan pun berdatangan. Hari selasatanggal 30 Mei 2006,SD Sukamulya mengadakan kegiatanuntuk membantu korban bencana. Acara ini melibatkan semua guru dan murid SD Sukamulya.kegiatan tersebut meliputi kerja bakti sosial dan donor darah.kegiatan ini berlangsung selama satu hari.



Laporan Pengamatan
Judul laporan : laporan kegiatan bakti sosial di SD Sukamulya
Hari / tanggal : Selasa,30 Mei 2006
Jenis kegiatan : Bakti sosial dan Donor darah
Isi kegiatan : Acara donor darah, membagi-bagikan pakaian pantas pakai, sembako
Kesimpulan : Acara bakti sosial  dan donor darah ini diikuti oleh banyak orang. Murid-murid SD Sukamulya terus menyumbang pakaian pantas pakai. Sedangkan donor darah di ikuti oleh para guru dan warga sekitar sekolah


Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran







Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membacakan cerita peristiwa di depan kelas
- Menjelaskan langkah-langkah dalam menyusun sebuah laporan pengamatan
- Menjelaskan cara memperbaiki tulisan dalam laporan
Elaborasi
- Memberikan tugas kelompok untuk siswa
- Siswa membuat langkah-langkah  membuat laporan pengamatan atas isi cerita yang dibacakan
- Siswa dapat menyusun hasil laporan dan menyampaikan secara lisan di depan kelas
Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  110, Penerbit Departemen pendidikan
Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis
Instrument

Saat terjadi gempa bumi di Yogyakarta tanggal 26 Mei 2006 banyak bangunan yang roboh.Warga banyak yang terluka karena tertimpa bangunan yang roboh tersebut.Bantuan pun berdatangan. Hari selasatanggal 30 Mei 2006,SD Sukamulya mengadakan kegiatanuntuk membantu korban bencana. Acara ini melibatkan semua guru dan murid SD Sukamulya.kegiatan tersebut meliputi kerja bakti sosial dan donor darah.kegiatan ini berlangsung selama satu hari.



Buatlah sebuah laporan pengamatandi buku latihanmu dari cerita diatas, kemudian bacakan lah di depan kelas!


Nilai Skor
Kemampuan siswa dalam membuat sebuah bacaan pengamatan
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
8.0  Menulis
Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi,dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan,laporan,dan puisi bebas
Kompetensi Dasar
8.2 Menulis laporan pengamatan /kunjungan berdasarkan tahapan ( catatan,konsep awal,perbaikan,final)
Indikator
- Menyusun laporan peristiwa
- Menyampaikan laporan secara lisan
- Memperbaiki tulisan laporan
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyusun laporan peristiwa
- Siswa dapat menyampaikan laporan secara lisan
- Siswa dapat memperbaiki laporan
Materi Ajar
Laporan Pengamatan
Laporan pengamatan adalah menyampaikan atau memberitahukan sesuatu dari hasil yang telah diamati.
Langkah-langkah menulis laporan,antara lain
Lakukanlah pengamatanterhadap suatu hal atau kegiatan
Catatlah pokok-pokok yang penting
Buatlah dalam bentuk laporan

Saat terjadi gempa bumi di Yogyakarta tanggal 26 Mei 2006 banyak bangunan yang roboh.Warga banyak yang terluka karena tertimpa bangunan yang roboh tersebut.Bantuan pun berdatangan. Hari selasatanggal 30 Mei 2006,SD Sukamulya mengadakan kegiatanuntuk membantu korban bencana. Acara ini melibatkan semua guru dan murid SD Sukamulya.kegiatan tersebut meliputi kerja bakti sosial dan donor darah.kegiatan ini berlangsung selama satu hari.



Laporan Pengamatan
Judul laporan : laporan kegiatan bakti sosial di SD Sukamulya
Hari / tanggal : Selasa,30 Mei 2006
Jenis kegiatan : Bakti sosial dan Donor darah
Isi kegiatan : Acara donor darah, membagi-bagikan pakaian pantas pakai, sembako 
Kesimpulan : Acara bakti sosial  dan donor darah ini diikuti oleh banyak orang. Murid-murid SD Sukamulya terus menyumbang pakaian pantas pakai. Sedangkan donor darah di ikuti oleh para guru dan warga sekitar sekolah


Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran







Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Menjelaskan langkah-langkah dalam menyusun sebuah laporan pengamatan
- Menjelaskan cara memperbaiki tulisan dalam laporan
- Memberikan tugas kelompok untuk siswa alam membuat laporan pengamatan kegiatan dirumah / lingkungan sekitar
Elaborasi
- Menyiapkan  kelompok untuk siswa
- Siswa membuat laporan pengamatan tentang peristiwa yang terjadi di lingkungan rumah sekitar
- Siswa dapat menyusun hasil laporan dan menyampaikan secara lisan di depan kelas
Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  110, Penerbit Departemen pendidikan
Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis
Instrument

Bersama kelompokmu, cobalah untuk mengamati  sebuah kegiatan yang sedang berlangsung di daerahmu. Contohnya kegiatan 17 Agustus-an. Kamu dapat menulis laporan kegiatan dari pengamatan tersebut di selembar kertas.Kemudian kumpulkanlah sebagai tugas kelompok.


Nilai Skor
Kemampuan siswa dalam membuat sebuah bacaan pengamatan
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal :  …………………………………………

Standar Kompetensi
8.0  Menulis
Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi,dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan,laporan,dan puisi bebas
Kompetensi Dasar
8.3 menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
Indikator
- Membaca contoh puisi
- Menulis puisi
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menentukan gagasan pokok pengalaman
- Siswa dapat menulis puisi berdasarkan perasaan dan pengalaman
- Siswa dapat menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan yang tepat
Materi Ajar
Puisi
Puisi bebas adalah puisi yang tidak terikat oleh rima ,irama,serta penyusunan lirik,bait,dan suku kata
Menuis puisi bebas itu mudah. Untuk dapat menulis puisi,kamu harus menentukan gagasan pokok atau ide. Kemudian gagasan pokok atau ide tersebut dikembangkan dengan pilihan kata yng tepat dan menarik
Coba kamu perhatihan puisi di bawah ini !




Pahlawan
Bersama dengan kerasnya
Batu kapur kota Pacitan
Di iringi dengan terjalnya
Jalan setapak di perbukitan
Kau nyalakan
Semangat gerilya bangsa
Mengangkat tombak
Mengukir angkasa
Walau sakit-sakitan
Bukan menjadi rintangan
semangatmu membara
menghalau penjajah bangsa
namamu erat di hati rakyat
jasamu tak terbayar dengan karat



Metode Pembelajaran
- Creamah, praktek, demontrasi,Tanya jawab,diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran







Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Menjelaskan cara menentukan gagasan pokok untuk membuat puisi berdasarkan pengalaman
- Menjelaskan cara menulis puisi berdasarkan perasaan dan pengalaman siswa
Elaborasi
- Memberikan tgas individu untuk siswa
- Siswa membuat puisi berdasarkan pengalaman
- Siswa dapat menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dari pengalaman
Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
- Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang telah disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang sudah diterima
- Guru memberikan Tugas / PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
- Buku paket Bahasa Indonesia,Hal  110, Penerbit Departemen pendidikan
Teknik  Penilaian
Lisan  dan tertulis
Instrument
Buatlah sebuah puisi berdasarkan pengalaman!


Terima kasih, Dokter
Kala teringat waktu sakit
Terlintas bayangan jasamu
Kau rawat aku
Kau obati aku
Kau hibur aku
Terima kasih ,dokter
Berkat jasamu
Kini,ku ceria kembali
Jalani hidup sepenuh hati


Nilai Skor
Improvisasi siswa dalam membuat sebuah puisi berdasarkan pengalaman
Pencapaian ketuntasan 75


Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas




DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001







Comments

Popular posts from this blog

Penilaian Harian Tema 7 subtema 3. Indahnya Persatuan & Kesatuan Negeriku. Kls 4 SD 2019

Penilaian Harian Tema 9 Subtema 3.Pelestarian kekayaan SDA di Indonesia.kelas 4SD.2018/2019.doc

LATIHAN SOAL PAS semester ganjil.kls 4 SD.2018/2019