RPP PKN kelas 5 SD.doc
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA IIIMata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.1 Medeskripsikan pengertian organisasi
Indikator
Mendeskripsikan pengertian organisasi
Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi
Siswa dapat mennyebutkan nama-nama organisasi yang diketahui siswa
Materi Ajar
Kebebasan berorganisasi
Pengetian organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk meraih tujuan yang sama. Cirri-ciri organisasi adalah
Adanya perkumpulan manusia
Adanya kerjasama dan koordinasi yang baik
Adanya tujuan yang hendak dicapai
Adanya tanggung jawab terhadap organisasi dari setiap anggotanya
Contoh organisasi disekolah adalah OSIS, Pramuka, PMR dll
Unsure-unsur organisasi yaitu :
Adanya anggota
Adanya tempat berorganisasi
Adanya tujuan yang hendak dicapai
Adanya pembagian tugas
Adanya struktur organisasi
Cara berorganisasi yang baik
Untuk belajar berorganisasi ,kalian dapat memulainya dari kelas kalian sendiri. Didalam kelas biasanya terdapat organisasi sederhana yang terdiri dari ketua kelas,wakil ketua kelas, sekertaris, sie kebersihan,pembantu umum dll. Wali kelasbiasanya bertindak sebagai Pembina. Selanjutnya kalian dapat mengikuti OSIS, pramuka, PMR dll
Contoh-contoh organisasi
Organisasi sekolah contohnya osis , pramuka dan koperasi sekolah
Organisasi Masyarakat contohnya PKK, karang taruna, organisasi pemuda bidang kesenian dan olahraga
Organisasi pemerintahan contohnya desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan Nasional. Contohnya didesa terdapat kepala desa, kepala dusun, dan kepala urusan
Organisasi politik contohnya partai golkar, partai democrat dll
Manfaat berorganisasi
Melatih hidup bermasyarakat
Meningkatkan persatuan dan kesatuan
Belajar mengemukakan pendapat
Berlatih untuk menghormati dan menghargai orang lain
Metode Pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan pengertian organisasi secara khusus dan dalam artian umum
Menyebutkan nama-nama organisasi disekolah, dimasyarakat, dipemerintahan dan politik
Elaborasi
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa menyebutkan tata urutan atau struktur organisasi yang ada dikelas / disekolah
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian tertulis
Instrument
SOAL
1. Mengapa manusia disebut mahluk social ?
2. Apa yang dimaksud dengan organisasi ?
3. Sebutkan cirri-ciri organisasi yang kamu ketahui ?
4. Sebutkan nama-nama organisasi masyarakat yang kamu ketahui ?
5. Sebutkan nama-nama orgaisasi yang ada disekolah ?
JAWABAN
1. karena manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain
2. sekelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk meraih tujuan yang sama
3. adanya kumpulan manusia, adanya tujuan yang hendak dicapai, adanya kerjasama dan koord
dinasi yang baik , adanya tanggung jawab terhadap organisasi dari setiap anggotanya
4. PKK, karang taruna
5. OSIS, Pramuka, PMR, koperasi sekolah
Skor
Jumlah benar X 2 = Jumlah Nilai
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA IIIMata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal : …………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.1 Medeskripsikan pengertian organisasi
Indikator
Mendeskripsikan pengertian organisasi
Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi
Siswa dapat mennyebutkan nama-nama organisasi yang diketahui siswa
Materi Ajar
Kebebasan berorganisasi
Pengetian organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk meraih tujuan yang sama. Cirri-ciri organisasi adalah
Adanya perkumpulan manusia
Adanya kerjasama dan koordinasi yang baik
Adanya tujuan yang hendak dicapai
Adanya tanggung jawab terhadap organisasi dari setiap anggotanya
Contoh organisasi disekolah adalah OSIS, Pramuka, PMR dll
Unsure-unsur organisasi yaitu :
Adanya anggota
Adanya tempat berorganisasi
Adanya tujuan yang hendak dicapai
Adanya pembagian tugas
Adanya struktur organisasi
Cara berorganisasi yang baik
Untuk belajar berorganisasi ,kalian dapat memulainya dari kelas kalian sendiri. Didalam kelas biasanya terdapat organisasi sederhana yang terdiri dari ketua kelas,wakil ketua kelas, sekertaris, sie kebersihan,pembantu umum dll. Wali kelasbiasanya bertindak sebagai Pembina. Selanjutnya kalian dapat mengikuti OSIS, pramuka, PMR dll
Contoh-contoh organisasi
Organisasi sekolah contohnya osis , pramuka dan koperasi sekolah
Organisasi Masyarakat contohnya PKK, karang taruna, organisasi pemuda bidang kesenian dan olahraga
Organisasi pemerintahan contohnya desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan Nasional. Contohnya didesa terdapat kepala desa, kepala dusun, dan kepala urusan
Organisasi politik contohnya partai golkar, partai democrat dll
Manfaat berorganisasi
Melatih hidup bermasyarakat
Meningkatkan persatuan dan kesatuan
Belajar mengemukakan pendapat
Berlatih untuk menghormati dan menghargai orang lain
Metode Pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan macam-macam organisasi yang ada di masyarakat, pemerintahan, dan organisasi politik
Menjelaskan cara berorganisasi yang baik
Menyebutkan manfaat dalam berorganisasi
Elaborasi
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa menyebutkan macam macam organisasi yang ada disekolah, masyarakat, pemerintahan dan organisasi politik
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian tertulis
Instrument
SOAL
1. Kapan sebaiknya kita mulai berorganisasi ?
2. Sebutkan unsur-unsur organisasi yang kamu ketahui ?
3. Sebutkan nama-nama organisasi pemerintahan yang kamu ketahui ?
4. Sebutkan nama organisasi politik yang kamu ketahui ?
5. Sebutkan manfaat dalam berorganisasi ?
JAWABAN
1. Sejak dini / saat duduk dibangku sekolah
2. Adanya anggota, adanya tempat organisasi, adanya tujuan, adanya pembagian tugas, adanya
Struktur organisasi
3. Desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dll
4. Partai golkar,partai democrat dll
5. Melatih hidup bermasyarakat, meningkatkan persatuan dan kesatuan, belajar mengemukakan pendapat, berlatih untuk menghormati dan menghargai orang lain
Skor
Jumlah benar X 2 = Jumlah Nilai
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA IIIMata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.1 Medeskripsikan pengertian organisasi
Indikator
Mendeskripsikan pengertian organisasi
Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi
Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat dan memperkirakan tujuan suatu organisasi
Berdiskusi dan memperkirakan anggota suatu organisasi
Materi Ajar
Kebebasan berorganisasi
Pengetian organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk meraih tujuan yang sama. Cirri-ciri organisasi adalah
Adanya perkumpulan manusia
Adanya kerjasama dan koordinasi yang baik
Adanya tujuan yang hendak dicapai
Adanya tanggung jawab terhadap organisasi dari setiap anggotanya
Contoh organisasi disekolah adalah OSIS, Pramuka, PMR dll
Unsure-unsur organisasi yaitu :
Adanya anggota
Adanya tempat berorganisasi
Adanya tujuan yang hendak dicapai
Adanya pembagian tugas
Adanya struktur organisasi
Cara berorganisasi yang baik
Untuk belajar berorganisasi ,kalian dapat memulainya dari kelas kalian sendiri. Didalam kelas biasanya terdapat organisasi sederhana yang terdiri dari ketua kelas,wakil ketua kelas, sekertaris, sie kebersihan,pembantu umum dll. Wali kelasbiasanya bertindak sebagai Pembina. Selanjutnya kalian dapat mengikuti OSIS, pramuka, PMR dll
Contoh-contoh organisasi
Organisasi sekolah contohnya osis , pramuka dan koperasi sekolah
Organisasi Masyarakat contohnya PKK, karang taruna, organisasi pemuda bidang kesenian dan olahraga
Organisasi pemerintahan contohnya desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan Nasional. Contohnya didesa terdapat kepala desa, kepala dusun, dan kepala urusan
Organisasi politik contohnya partai golkar, partai democrat dll
Manfaat berorganisasi
Melatih hidup bermasyarakat
Meningkatkan persatuan dan kesatuan
Belajar mengemukakan pendapat
Berlatih untuk menghormati dan menghargai orang lain
Metode Pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan contoh-contoh tujuan berorganisasi
Siswa menyebutkan contoh-contoh anggota dalam berorganisasi
Elaborasi
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa menyebutkan macam macam organisasi yang ada disekolah, masyarakat, pemerintahan dan organisasi politik
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian tertulis
Instrument
SOAL
1. Organisasi siswa intra sekolah ( OSIS ) bertempat di ….
2. Salah satu manfaat dalam berorganisasi adalah ….
3. Pada sebuah organisasi sangat diperlukan ….
4. Bendahara betugas mengurus masalah ….
5. Sekertaris bertugas mengurus masalah ….
JAWABAN
1. Sekolah
2. Belajar bekerja sama, menumbuhkan rasa tanggung jawab
3. Kebersamaan
4. Keuangan
5. Administrasi
Skor
Jumlah benar X 2 = Jumlah Nilai
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA IIIMata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.1 Medeskripsikan pengertian organisasi
Indikator
Mendeskripsikan pengertian organisasi
Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi
Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat dan memperkirakan tujuan suatu organisasi
Berdiskusi dan memperkirakan anggota suatu organisasi
Materi Ajar
Anggota Organisasi
Dalam sebuah organisasi ada pemimpin dan ada anggota.jika dalam sebuah organisasi kamu tidak jadi pemimpin tentunya kamu akan menjadi seorang anggota. Itu artinya sebagai anggota kamu akan dpimpin oleh seorang pemimpin.sebagai anggota kalian jyga harus menjadi anggota yang baik. Agar menjadi anggota yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan,yaitu:
Mau bekerjasama dengan anggota lainnya
Melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan
Disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai anggota
Ikut mendukung segala keputusan yang ada
Memberikan masukan kepada pemimpin
Metode Pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan contoh-contoh tujuan berorganisasi dalam lingkungan sekolah
Siswa menyebutkan contoh-contoh anggota dalam berorganisasi disekolah
Elaborasi
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa menyebutkan macam macam organisasi yang ada disekolah, masyarakat, pemerintahan dan organisasi politik
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian tertulis
Instrument
SOAL
1. Anggota organisasi OSIS terdiri dari para ….
2. Peraturan dibuat untuk mengatur kehidupan agar ….
3. Tujuan pembentukan suatu organisasi yaitu ….
4. Organisasi disekolah yang kegiatannya dalam bidang kesehatan adalah ….
5. Salah satu syarat menjadi anggota organisasi yang baik adalah ….
JAWABAN
1. Siswa dan siswi
2. Berjalan dengan tertib dan aman
3. Menjadi wadah mengeluarkan pendapat, memudahkan pelaksanaan tujuan yang akan dicapai
4. PMR / palang merah remaja
5. Mau bekerja sama dengan anggota lainnya, disiplin dalam melaksanakan tugas
Skor
Jumlah benar X 2 = Jumlah Nilai
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,……..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA IIIMata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.1 Medeskripsikan pengertian organisasi
Indikator
Merumuskan contoh struktur organisasi
Tujuan Pembelajaran
Berdiskusi dan memperkirakan struktur suatu organisasi
Materi Ajar
Pengetian organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk meraih tujuan yang sama. Cirri-ciri organisasi adalah
Adanya perkumpulan manusia
Adanya kerjasama dan koordinasi yang baik
Adanya tujuan yang hendak dicapai
Adanya tanggung jawab terhadap organisasi dari setiap anggotanya
Contoh organisasi disekolah adalah OSIS, Pramuka, PMR dll
Anggota Organisasi
Dalam sebuah organisasi ada pemimpin dan ada anggota.jika dalam sebuah organisasi kamu tidak jadi pemimpin tentunya kamu akan menjadi seorang anggota. Itu artinya sebagai anggota kamu akan dpimpin oleh seorang pemimpin.sebagai anggota kalian jyga harus menjadi anggota yang baik. Agar menjadi anggota yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan,yaitu:
Mau bekerjasama dengan anggota lainnya
Melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan
Disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai anggota
Ikut mendukung segala keputusan yang ada
Memberikan masukan kepada pemimpin
Sebuah organisasi memiliki struktur kepengurusan , yaitu
Ketua kelas, memimpin dan mengkordinirsetiap rapat dan melaporkannya kepada Pembina
Wakil ketua, mendapingi ketua dalam mengambil keputusan
Sekretaris, bertanggung jawab atas administrasi
Bendahara, bertanggung jawab atas keuangan yang masuk dan keluar dalam kegiatan kelas
Metode Pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan struktur organisasi
Memberikan contoh struktur organisasi dikelas
Elaborasi
Menyiapkan kelompok diskusi siswa
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa menyebutkan struktur orgaisasi yang ada disekolah
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian tertulis
Instrument
Tugas :
Buatlah struktur organisasi yang ada dikelasmu, dan tulislah tugasnya masing-masing !
Skor
Jumlah benar X 2 = Jumlah Nilai
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA IIIMata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 3 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.1 Medeskripsikan pengertian organisasi
Indikator
Merumuskan contoh tata tertib organisasi
Tujuan Pembelajaran
Berdiskusi dan mendaftar sejumlah peraturan tentang suatu organisasi
Materi Ajar
Pengetian organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk meraih tujuan yang sama. Cirri-ciri organisasi adalah
Adanya perkumpulan manusia
Adanya kerjasama dan koordinasi yang baik
Adanya tujuan yang hendak dicapai
Adanya tanggung jawab terhadap organisasi dari setiap anggotanya
Contoh organisasi disekolah adalah OSIS, Pramuka, PMR dll
Anggota Organisasi
Dalam sebuah organisasi ada pemimpin dan ada anggota.jika dalam sebuah organisasi kamu tidak jadi pemimpin tentunya kamu akan menjadi seorang anggota. Itu artinya sebagai anggota kamu akan dpimpin oleh seorang pemimpin.sebagai anggota kalian jyga harus menjadi anggota yang baik. Agar menjadi anggota yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan,yaitu:
Mau bekerjasama dengan anggota lainnya
Melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan
Disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai anggota
Ikut mendukung segala keputusan yang ada
Memberikan masukan kepada pemimpin
Sebuah organisasi memiliki struktur kepengurusan , yaitu
Ketua kelas, memimpin dan mengkordinirsetiap rapat dan melaporkannya kepada Pembina
Wakil ketua, mendapingi ketua dalam mengambil keputusan
Sekretaris, bertanggung jawab atas administrasi
Bendahara, bertanggung jawab atas keuangan yang masuk dan keluar dalam kegiatan kelas
Metode Pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan tentang peraturan dan tata tertib sebuah organisasi
Menyebutkan contoh-contoh peraturan yang ada disekolah dan dimasyarakat
Elaborasi
Menyiapkan kelompok diskusi siswa
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa menyebutkan contoh peraturan yang ada disekolah dan lingkungan mereka
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Lisan / diskusi
Instrument
Tugas :
Buatlah contoh peraturan dan tata tertib yang ada disekolahmu, yang tertulis maupun tidak tertulis. Kemudian bacakan di depan kelas !
Skor
Menilai improvisasi siswa dalam menyebutkan dan menyimpulkan sebuah contoh peraturan
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA IIIMata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 3 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.1 Medeskripsikan pengertian organisasi
Indikator
Merumuskan contoh tata tertib organisasi
Tujuan Pembelajaran
Berdiskusi dan mendaftar sejumlah peraturan tentang suatu organisasi
Materi Ajar
Pengetian organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk meraih tujuan yang sama. Cirri-ciri organisasi adalah
Adanya perkumpulan manusia
Adanya kerjasama dan koordinasi yang baik
Adanya tujuan yang hendak dicapai
Adanya tanggung jawab terhadap organisasi dari setiap anggotanya
Contoh organisasi disekolah adalah OSIS, Pramuka, PMR dll
Anggota Organisasi
Dalam sebuah organisasi ada pemimpin dan ada anggota.jika dalam sebuah organisasi kamu tidak jadi pemimpin tentunya kamu akan menjadi seorang anggota. Itu artinya sebagai anggota kamu akan dpimpin oleh seorang pemimpin.sebagai anggota kalian jyga harus menjadi anggota yang baik. Agar menjadi anggota yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan,yaitu:
Mau bekerjasama dengan anggota lainnya
Melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan
Disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai anggota
Ikut mendukung segala keputusan yang ada
Memberikan masukan kepada pemimpin
Sebuah organisasi memiliki struktur kepengurusan , yaitu
Ketua kelas, memimpin dan mengkordinirsetiap rapat dan melaporkannya kepada Pembina
Wakil ketua, mendapingi ketua dalam mengambil keputusan
Sekretaris, bertanggung jawab atas administrasi
Bendahara, bertanggung jawab atas keuangan yang masuk dan keluar dalam kegiatan kelas
Metode Pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan tentang peraturan dan tata tertib sebuah organisasi masyarakat
Menyebutkan contoh-contoh peraturan dan tata tertib di sebuah organisasi masyarakat
Elaborasi
Menyiapkan kelompok diskusi siswa
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa menyebutkan contoh peraturan yang ada disekolah dan lingkungan mereka
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Lisan / diskusi
Instrument
Tugas :
Buatlah contoh peraturan dan tata tertib yang ada dilingkungan rumahmu ( masyarakat ), yang tertulis maupun tidak tertulis. Kemudian bacakan di depan kelas !
Skor
Menilai improvisasi siswa dalam menyebutkan dan menyimpulkan sebuah contoh peraturan
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA IIIMata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 3 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.1 Medeskripsikan pengertian organisasi
Indikator
Merumuskan contoh tata tertib organisasi
Tujuan Pembelajaran
Menyusun suatu organisasi fiktif
Merumuskan tujuan, anggota, struktur, dan peraturan organisasi fiktif tersebut
Materi Ajar
Pengetian organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk meraih tujuan yang sama. Cirri-ciri organisasi adalah
Adanya perkumpulan manusia
Adanya kerjasama dan koordinasi yang baik
Adanya tujuan yang hendak dicapai
Adanya tanggung jawab terhadap organisasi dari setiap anggotanya
Contoh organisasi disekolah adalah OSIS, Pramuka, PMR dll
Anggota Organisasi
Dalam sebuah organisasi ada pemimpin dan ada anggota.jika dalam sebuah organisasi kamu tidak jadi pemimpin tentunya kamu akan menjadi seorang anggota. Itu artinya sebagai anggota kamu akan dpimpin oleh seorang pemimpin.sebagai anggota kalian jyga harus menjadi anggota yang baik. Agar menjadi anggota yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan,yaitu:
Mau bekerjasama dengan anggota lainnya
Melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan
Disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai anggota
Ikut mendukung segala keputusan yang ada
Memberikan masukan kepada pemimpin
Sebuah organisasi memiliki struktur kepengurusan , yaitu
Ketua kelas, memimpin dan mengkordinirsetiap rapat dan melaporkannya kepada Pembina
Wakil ketua, mendapingi ketua dalam mengambil keputusan
Sekretaris, bertanggung jawab atas administrasi
Bendahara, bertanggung jawab atas keuangan yang masuk dan keluar dalam kegiatan kelas
Metode Pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan cara menyusun suatu organisasi fiktif
Belajar membuat sebuah organisasi fiktif ( social )
Menjelaskan cara merumuskan tujuan , anggota, struktur, dan peraturan organisasi fiktif yang dibuat
Elaborasi
Menyiapkan kelompok diskusi siswa
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa membuat sebuah organisasi fiktif beserta perangkatnya
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Lisan / Diskusi
Instrument
Tugas :
Buatlah sebuah organisasi fiktif bidang social, dan buatlah peraturan dan tata tertibnya. Serta rumuskan tujuan, anggota, struktur dan peraturan organisasi bersama kelompokmu !
Skor
Menilai improvisasi siswa dalam menyebutkan dan merumuskan sebuah organisasi
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.2 Menyebutkan contoh-contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
Indikator
Menjelaskan tujuan ,anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat
Tujuan Pembelajaran
Menyebutkan contoh-contoh organisasi disekolah dan masyarakat
Menyebutkan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertibnya
Materi Ajar
Anggota Organisasi
Dalam sebuah organisasi ada pemimpin dan ada anggota.jika dalam sebuah organisasi kamu tidak jadi pemimpin tentunya kamu akan menjadi seorang anggota. Itu artinya sebagai anggota kamu akan dpimpin oleh seorang pemimpin.sebagai anggota kalian jyga harus menjadi anggota yang baik. Agar menjadi anggota yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan,yaitu:
Mau bekerjasama dengan anggota lainnya
Melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan
Disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai anggota
Ikut mendukung segala keputusan yang ada
Memberikan masukan kepada pemimpin
Sebuah organisasi memiliki struktur kepengurusan , yaitu
Ketua kelas, memimpin dan mengkordinirsetiap rapat dan melaporkannya kepada Pembina
Wakil ketua, mendapingi ketua dalam mengambil keputusan
Sekretaris, bertanggung jawab atas administrasi
Bendahara, bertanggung jawab atas keuangan yang masuk dan keluar dalam kegiatan kelas
Jenis-jenis Organisasi sekolah
Belajar kelompok
Organisasi kelas
Organisasi kepramukaan
OSIS
Koperasi sekolah
Usaha kesehatan sekolah
PMR
Manfaat organisasi sekolah
Dapat lebih maju dalam pelajaran atau bidang tertentu
Dapat belajar bagaimana menjadi warga Negara yang baik
Dapat mengembangkan potensi kepemimpinan sekolah
Menambah wawasan dan pengalaman
Macam-macam organisasi masyarakat
RT / RW
Karang taruna
Dewan kelurahan
BPD ( badan permusyawaratan daerah)
Posyandu
PKK
Metode Pembelajaran
Ceramah Penugasan
Diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan contoh-contoh organisasi sekolah dan masyarakat
Menyebutkan tujuan dari organisasi
Menyebutkan bentuk struktur dan tata tertib sebuah organisasi
Elaborasi
Menyiapkan kelompok diskusi siswa
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa belajar membuat sebuah organisasi berikut bentuk struktur dan tata tertibnya
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Lisan / Diskusi
Instrument
Tugas :
Buatlah sebuah organisasi kecil dengan teman kelompok pramuka di kelasmu, dan tuliskan tujuan, struktur, dan tata tertib yang ada dalam organisasi kecilmu !
Skor
Menilai improvisasi siswa dalam menyebutkan dan merumuskan sebuah organisasi
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.2 Menyebutkan contoh-contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
Indikator
Menjelaskan tujuan ,anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat
Tujuan Pembelajaran
Menyebutkan contoh-contoh organisasi disekolah dan masyarakat
Menyebutkan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertibnya
Menyebutkan fungsi organisasi-organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat
Materi Ajar
Anggota Organisasi
Dalam sebuah organisasi ada pemimpin dan ada anggota.jika dalam sebuah organisasi kamu tidak jadi pemimpin tentunya kamu akan menjadi seorang anggota. Itu artinya sebagai anggota kamu akan dpimpin oleh seorang pemimpin.sebagai anggota kalian jyga harus menjadi anggota yang baik. Agar menjadi anggota yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan,yaitu:
Mau bekerjasama dengan anggota lainnya
Melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan
Disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai anggota
Ikut mendukung segala keputusan yang ada
Memberikan masukan kepada pemimpin
Sebuah organisasi memiliki struktur kepengurusan , yaitu
Ketua kelas, memimpin dan mengkordinirsetiap rapat dan melaporkannya kepada Pembina
Wakil ketua, mendapingi ketua dalam mengambil keputusan
Sekretaris, bertanggung jawab atas administrasi
Bendahara, bertanggung jawab atas keuangan yang masuk dan keluar dalam kegiatan kelas
Jenis-jenis Organisasi sekolah
Belajar kelompok
Organisasi kelas
Organisasi kepramukaan
OSIS
Koperasi sekolah
Usaha kesehatan sekolah
PMR
Manfaat organisasi sekolah
Dapat lebih maju dalam pelajaran atau bidang tertentu
Dapat belajar bagaimana menjadi warga Negara yang baik
Dapat mengembangkan potensi kepemimpinan sekolah
Menambah wawasan dan pengalaman
Macam-macam organisasi masyarakat
RT / RW
Karang taruna
Dewan kelurahan
BPD ( badan permusyawaratan daerah)
Posyandu
PKK
Metode Pembelajaran
Ceramah Penugasan
Diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menyebutkan tujuan dari organisasi
Menyebutkan fungsi organisasi bagi diri sendiri dan masyarakat
Elaborasi
Memberikan latihan soal untuk siswa
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa belajar menjelaskan tujuan dan fungsi sebuah organisasi
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian
Instrument
Soal
1. Sebutkan tujuan didirikannya posyandu ?
2. Apa tujuan organisasi di sekolah ?
3. Apa yang kamu ketahui tentang organisasi resmi ?
4. Apa tujuan dari organisasi PKK ?
5. Sebutkan hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang anggota koperasi ?
Jawaban
1. Mempercepat penurunan angka kematian bayi dan balita
2. Untuk mengembangkan minat dan bakat siswa potensi siswa
3. Organisasi yang terdaftar di lembaga pemerintahan
4. Meningkatkan kesejahteraan keluarga
5. Mau bekerja sama dengan anggota lainnya, melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan bersama, disiplin dalam melaksanakan tugas
Skor
Jumlah benar x 2 = jumlah nilai
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
3.0 Memahami kebebasan Berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.2 Menyebutkan contoh-contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
Indikator
Menjelaskan tujuan ,anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat
Tujuan Pembelajaran
Menyebutkan contoh-contoh organisasi disekolah dan masyarakat
Menyebutkan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertibnya
Menyebutkan fungsi organisasi-organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat
Materi Ajar
Anggota Organisasi
Dalam sebuah organisasi ada pemimpin dan ada anggota.jika dalam sebuah organisasi kamu tidak jadi pemimpin tentunya kamu akan menjadi seorang anggota. Itu artinya sebagai anggota kamu akan dpimpin oleh seorang pemimpin.sebagai anggota kalian jyga harus menjadi anggota yang baik. Agar menjadi anggota yang baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan,yaitu:
Mau bekerjasama dengan anggota lainnya
Melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan
Disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai anggota
Ikut mendukung segala keputusan yang ada
Memberikan masukan kepada pemimpin
Sebuah organisasi memiliki struktur kepengurusan , yaitu
Ketua kelas, memimpin dan mengkordinirsetiap rapat dan melaporkannya kepada Pembina
Wakil ketua, mendapingi ketua dalam mengambil keputusan
Sekretaris, bertanggung jawab atas administrasi
Bendahara, bertanggung jawab atas keuangan yang masuk dan keluar dalam kegiatan kelas
Jenis-jenis Organisasi sekolah
Belajar kelompok
Organisasi kelas
Organisasi kepramukaan
OSIS
Koperasi sekolah
Usaha kesehatan sekolah
PMR
Manfaat organisasi sekolah
Dapat lebih maju dalam pelajaran atau bidang tertentu
Dapat belajar bagaimana menjadi warga Negara yang baik
Dapat mengembangkan potensi kepemimpinan sekolah
Menambah wawasan dan pengalaman
Macam-macam organisasi masyarakat
RT / RW
Karang taruna
Dewan kelurahan
BPD ( badan permusyawaratan daerah)
Posyandu
PKK
Sikap yang baik dalam memilih sebuah organisasi
Mengetahui tujuan organisasi
Mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan suatu organisasi
Menentukan posisi apa yang tepat dalam organisasi yang kita masuki
Melakukan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab
Metode Pembelajaran
Ceramah Penugasan
Diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan perilaku yang baik dalam memilih suatu organiasi
Bermain peran dalam sebuah organisasi (ilustrasi)
Elaborasi
Menyiapkan kelompok untuk siswa
Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan tentang organisasi
Siswa belajar menjelaskan tujuan dan fungsi sebuah organisasi
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian
Instrument
Tugas :
Siswa bermain peran sesuai dengan petunjuk gambar ( ilustrasi bermain peran dalam organisasi )
Skor
Improvisasi siswa dalam bermain peran organisasi
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 3 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
4.0 Menghargai keputusan bersama
Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama
Indikator
Memahami definisi keputusan bersama
Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama
Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat
Tujuan Pembelajaran
Mendiskusikan dan menyebutkan pengertian dan bentuk-bentuk keputusan bersama
Mendiskusikan manfaat musyawarah dan mufakat
Materi Ajar
Keputusan Bersama
Keputusan Pribadi adalah keputusan yang diambil secara perorangan. Contohnya keputusan memilih sepatu yang akan dibeli.dll
Keputusan bersama adalah keputusan yang diambil secara bersama-sama. Contohnya keputusan memilih wakil rakyatdan kepala daerah
Cara pengambilan keputusan,adalah sebagai berikut:
Musyawarah, yaitu pembahasan bersama-sama untukmemecahkan suatu masalah. Nilai-nilai yang harus diperhatikan dalam musyawarah diantaranya :
• Nilai penghargaa terhadap orang lain
• Kebebasan berpendapat, nilai kebersamaan
• Nilai hak dan kewajiban
• Keputusan yang diambil juha harus memberikan rasa keadilan bagi seluruh pihak
Pemungutan suara disebut juga voting. Pemungutan suara yaitu menuliskan pilihan setiap orang dengan mengabil suara terbanyak sebagai keputusan. Voting ditempuh bila musyawarah tidak membuahkan hasil . berikut ini merupakan pertimbangan-pertimbangan dalam votng adalah sebagai berikut :
• Voting dilakukan bila musyawarah untuk mufakat tidak memberikan hasil
• Voting di lakukan karena waktu yang terbatas
• Keputusan voting harus diterima oleh semua pihak bagaimanapun hasilnya
• Peserta yang hadirdalam voting harus mencapai kuorum yaitu sebanyak dua per tiga dari anggota yang hadir
Aklamasi adalah pernyataan setuju secara lisan dari anggota kelompok . keputusan yang dihasilkan dari aklamasi harus dipatuhi oleh seluruh anggota kelompok
Melaksanakan dan mematuhi keputusa bersama
Keputusan bersama harus dilakukan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab oleh setiap anggota. Asas-asas yang harus dijunjung tinggi dalam mematuhi keputusan bersama adalah asas kekeluargaan dan gotong-royong.
Manfaat mengambil keputusan bersama :
• Persamaan kedudukan diantara setiap pengambil keputusan
• Menciptakan keadilan
• Melatih sikap bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil
Pengambilan keputusan sesuai dengan sila keempat, yaitu “ kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat yaitu:
• Setiap orang berhak untuk mengemukakan pendapat
• Setiap orang harus menghormati pendapat orang lain
• Setia orang memiliki hak dan kewajiban yang sama
• Musyawarah harus diliputi oleh semangat kekeluargaan
• Keputusan harus diterima dan di laksanakan dengan penuh tanggung jawab
Metode Pembelajaran
Ceramah Penugasan
Diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan definisi dari keputusan bersama
Menyebutkan bentuk-bentuk keputusan bersama
Elaborasi
Memberikan tugas individu untuk siswa
Siswa menyebutkan definisi dan bentuk keputusan bersama
Siswa belajar menjelaskan tujuan dan fungsi sebuah keputusan
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian
Instrument
Soal
1. Perbedaan pendapat harus kita ….
2. Dalam mengambil keputusan utamakan….
3. Pelaksanaan musyawarah sesuai dengan sila ke….pancasila
4. Pernyataan setuju secara lisan dari suatu keputusan disebut….
5. Asas –asas yang di gunakan saat musyawarah yaitu….
Jawaban
1. Hargai
2. Musyawarah
3. 4
4. Aklamasi
5. Kekeluargaan,kebersamaan,dan gotong royong
Skor
Jumlah benar x 2 = jumlah nilai
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 3 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
4.0 Menghargai keputusan bersama
Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama
Indikator
Memahami definisi keputusan bersama
Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama
Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat
Tujuan Pembelajaran
Mendiskusikan dan menyebutkan pengertian dan bentuk-bentuk keputusan bersama
Mendiskusikan manfaat musyawarah dan mufakat
Materi Ajar
Keputusan Bersama
Keputusan Pribadi adalah keputusan yang diambil secara perorangan. Contohnya keputusan memilih sepatu yang akan dibeli.dll
Keputusan bersama adalah keputusan yang diambil secara bersama-sama. Contohnya keputusan memilih wakil rakyatdan kepala daerah
Cara pengambilan keputusan,adalah sebagai berikut:
Musyawarah, yaitu pembahasan bersama-sama untukmemecahkan suatu masalah. Nilai-nilai yang harus diperhatikan dalam musyawarah diantaranya :
• Nilai penghargaa terhadap orang lain
• Kebebasan berpendapat, nilai kebersamaan
• Nilai hak dan kewajiban
• Keputusan yang diambil juha harus memberikan rasa keadilan bagi seluruh pihak
Pemungutan suara disebut juga voting. Pemungutan suara yaitu menuliskan pilihan setiap orang dengan mengabil suara terbanyak sebagai keputusan. Voting ditempuh bila musyawarah tidak membuahkan hasil . berikut ini merupakan pertimbangan-pertimbangan dalam votng adalah sebagai berikut :
• Voting dilakukan bila musyawarah untuk mufakat tidak memberikan hasil
• Voting di lakukan karena waktu yang terbatas
• Keputusan voting harus diterima oleh semua pihak bagaimanapun hasilnya
• Peserta yang hadirdalam voting harus mencapai kuorum yaitu sebanyak dua per tiga dari anggota yang hadir
Aklamasi adalah pernyataan setuju secara lisan dari anggota kelompok . keputusan yang dihasilkan dari aklamasi harus dipatuhi oleh seluruh anggota kelompok
Melaksanakan dan mematuhi keputusa bersama
Keputusan bersama harus dilakukan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab oleh setiap anggota. Asas-asas yang harus dijunjung tinggi dalam mematuhi keputusan bersama adalah asas kekeluargaan dan gotong-royong.
Manfaat mengambil keputusan bersama :
• Persamaan kedudukan diantara setiap pengambil keputusan
• Menciptakan keadilan
• Melatih sikap bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil
Pengambilan keputusan sesuai dengan sila keempat, yaitu “ kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat yaitu:
• Setiap orang berhak untuk mengemukakan pendapat
• Setiap orang harus menghormati pendapat orang lain
• Setia orang memiliki hak dan kewajiban yang sama
• Musyawarah harus diliputi oleh semangat kekeluargaan
• Keputusan harus diterima dan di laksanakan dengan penuh tanggung jawab
Metode Pembelajaran
Ceramah Penugasan
Diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menyebutkan bentuk-bentuk keputusan bersama
Menjelaskan manfaat musyawarah dan mufakat
Elaborasi
Memberikan tugas individu untuk siswa
Siswa menyebutkan definisi dan bentuk keputusan bersama
Siswa belajar menjelaskan manfaat musyawarah untuk mufakat
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian
Instrument
Soal
1. Bila musyawarah tidak membuahkan hasil,kita dapat melakukan….
2. Bermain dan belajar adalah bentuk keputusan….
3. Memilih wakil rakyat adalah bentuk keputusan….
4. Dalam mengikuti musyawarah,utamakan kepentingan….
5. Musyawarah dilakukan untuk mencapai….
Jawaban
1. Pemungutan suara
2. Individu
3. Bersama
4. Bersama/umum
5. mufakat
Skor
Jumlah benar x 2 = jumlah nilai
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 3 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
4.0 Menghargai keputusan bersama
Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama
Indikator
Memahami definisi keputusan bersama
Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama
Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat
Tujuan Pembelajaran
Mendiskusikan dan menyebutkan pengertian dan bentuk-bentuk keputusan bersama
Mendiskusikan manfaat musyawarah dan mufakat
Materi Ajar
Keputusan Bersama
Keputusan Pribadi adalah keputusan yang diambil secara perorangan. Contohnya keputusan memilih sepatu yang akan dibeli.dll
Keputusan bersama adalah keputusan yang diambil secara bersama-sama. Contohnya keputusan memilih wakil rakyatdan kepala daerah
Cara pengambilan keputusan,adalah sebagai berikut:
Musyawarah, yaitu pembahasan bersama-sama untukmemecahkan suatu masalah. Nilai-nilai yang harus diperhatikan dalam musyawarah diantaranya :
• Nilai penghargaa terhadap orang lain
• Kebebasan berpendapat, nilai kebersamaan
• Nilai hak dan kewajiban
• Keputusan yang diambil juha harus memberikan rasa keadilan bagi seluruh pihak
Pemungutan suara disebut juga voting. Pemungutan suara yaitu menuliskan pilihan setiap orang dengan mengabil suara terbanyak sebagai keputusan. Voting ditempuh bila musyawarah tidak membuahkan hasil . berikut ini merupakan pertimbangan-pertimbangan dalam votng adalah sebagai berikut :
• Voting dilakukan bila musyawarah untuk mufakat tidak memberikan hasil
• Voting di lakukan karena waktu yang terbatas
• Keputusan voting harus diterima oleh semua pihak bagaimanapun hasilnya
• Peserta yang hadirdalam voting harus mencapai kuorum yaitu sebanyak dua per tiga dari anggota yang hadir
Aklamasi adalah pernyataan setuju secara lisan dari anggota kelompok . keputusan yang dihasilkan dari aklamasi harus dipatuhi oleh seluruh anggota kelompok
Melaksanakan dan mematuhi keputusa bersama
Keputusan bersama harus dilakukan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab oleh setiap anggota. Asas-asas yang harus dijunjung tinggi dalam mematuhi keputusan bersama adalah asas kekeluargaan dan gotong-royong.
Manfaat mengambil keputusan bersama :
• Persamaan kedudukan diantara setiap pengambil keputusan
• Menciptakan keadilan
• Melatih sikap bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil
Pengambilan keputusan sesuai dengan sila keempat, yaitu “ kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat yaitu:
• Setiap orang berhak untuk mengemukakan pendapat
• Setiap orang harus menghormati pendapat orang lain
• Setia orang memiliki hak dan kewajiban yang sama
• Musyawarah harus diliputi oleh semangat kekeluargaan
• Keputusan harus diterima dan di laksanakan dengan penuh tanggung jawab
Metode Pembelajaran
Ceramah Penugasan
Diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan manfaat musyawarah dan mufakat
Menjelaskan dan menyebutkan contoh musyawarah untuk mufakat di lingkungan masyarakat dan di sekolah
Elaborasi
Menyiapkan kelompok untuk siswa
Siswa mendiskusikan bentuk keputusan bersama
Siswa belajar menjelaskan manfaat musyawarah untuk mufakat di depan kelas
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian
Instrument
Kegiatan :
Diskusikan dengan kelompokmu, untuk menyebutkan berbagai macam masalah yang ada disekolah atau di masyarakat yang dilakukan dengan jalan musyawarah untuk mufakat.
Kamu jelaskan bagaiman solusinya dan manfaat yang dapat diambil dalam musyawarah tersebut.
Salinlah di buku latihanmu,kemudian bacakan di depan kelas !
Skor
Kerjasama siswa dalam diskusi
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
4.0 Menghargai keputusan bersama
Kompetensi Dasar
4.2 Memahami keputusan bersama
Indikator
Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama serta musyawarah dan mufakat
Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama
Tujuan Pembelajaran
Mengerjakan soal studi kasus tentang berbagai keputusan bersama
Materi Ajar
Keputusan Bersama
Keputusan Pribadi adalah keputusan yang diambil secara perorangan. Contohnya keputusan memilih sepatu yang akan dibeli.dll
Keputusan bersama adalah keputusan yang diambil secara bersama-sama. Contohnya keputusan memilih wakil rakyatdan kepala daerah
Cara pengambilan keputusan,adalah sebagai berikut:
Musyawarah, yaitu pembahasan bersama-sama untukmemecahkan suatu masalah. Nilai-nilai yang harus diperhatikan dalam musyawarah diantaranya :
• Nilai penghargaa terhadap orang lain
• Kebebasan berpendapat, nilai kebersamaan
• Nilai hak dan kewajiban
• Keputusan yang diambil juha harus memberikan rasa keadilan bagi seluruh pihak
Pemungutan suara disebut juga voting. Pemungutan suara yaitu menuliskan pilihan setiap orang dengan mengabil suara terbanyak sebagai keputusan. Voting ditempuh bila musyawarah tidak membuahkan hasil . berikut ini merupakan pertimbangan-pertimbangan dalam votng adalah sebagai berikut :
• Voting dilakukan bila musyawarah untuk mufakat tidak memberikan hasil
• Voting di lakukan karena waktu yang terbatas
• Keputusan voting harus diterima oleh semua pihak bagaimanapun hasilnya
• Peserta yang hadirdalam voting harus mencapai kuorum yaitu sebanyak dua per tiga dari anggota yang hadir
Aklamasi adalah pernyataan setuju secara lisan dari anggota kelompok . keputusan yang dihasilkan dari aklamasi harus dipatuhi oleh seluruh anggota kelompok
Melaksanakan dan mematuhi keputusa bersama
Keputusan bersama harus dilakukan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab oleh setiap anggota. Asas-asas yang harus dijunjung tinggi dalam mematuhi keputusan bersama adalah asas kekeluargaan dan gotong-royong.
Manfaat mengambil keputusan bersama :
• Persamaan kedudukan diantara setiap pengambil keputusan
• Menciptakan keadilan
• Melatih sikap bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil
Pengambilan keputusan sesuai dengan sila keempat, yaitu “ kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat yaitu:
• Setiap orang berhak untuk mengemukakan pendapat
• Setiap orang harus menghormati pendapat orang lain
• Setia orang memiliki hak dan kewajiban yang sama
• Musyawarah harus diliputi oleh semangat kekeluargaan
• Keputusan harus diterima dan di laksanakan dengan penuh tanggung jawab
Metode Pembelajaran
Ceramah Penugasan
Diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan definisi keputusan bersama
Menjelaskan bentuk-bentuk keputusan bersama dalam berbagai lingkugan, seperti di lingkungan rumah,masyarakat, sekolah,dan pemerintahan/Negara
Elaborasi
Menyiapkan tugas individu berupa latihan soal
Memeriksa hasil kerja siswa dengan melibatkan siswa
Mengevaluasi hasil kerja siswa dalam mengerjakan soal
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian
Instrument
Soal
1. Hasil musyawarah merupakan hasil keputusan….
2. Pemilihan presiden dan wakil presiden dilaksanakan secara….
3. Persoalan keluarga harus diatasi oleh….
4. Gotong royong membuat gapura RT,adalah hasil musyawarah yang dilakukan oleh….
5. Jika teman kita ada yang bertanya tentang pelajaran yang belum di mengerti kepada guru,maka sikap kita adalah….
Jawaban
1. Bersama
2. Pemungutan suara / voting
3. Seluruh anggota keluarga
4. Warga RT
5. Mendengarkan
Skor
Jumlah benar x 2 = jumlah nilai
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA III
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 4x 35 menit ( 2 pertemuan )
Tanggal : ……………………………………………
Standar Kompetensi
4.0 Menghargai keputusan bersama
Kompetensi Dasar
4.2 Memahami keputusan bersama
Indikator
Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama serta musyawarah dan mufakat
Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama
Tujuan Pembelajaran
Mengerjakan soal studi kasus tentang berbagai keputusan bersama
Materi Ajar
Keputusan Bersama
Keputusan Pribadi adalah keputusan yang diambil secara perorangan. Contohnya keputusan memilih sepatu yang akan dibeli.dll
Keputusan bersama adalah keputusan yang diambil secara bersama-sama. Contohnya keputusan memilih wakil rakyatdan kepala daerah
Cara pengambilan keputusan,adalah sebagai berikut:
Musyawarah, yaitu pembahasan bersama-sama untukmemecahkan suatu masalah. Nilai-nilai yang harus diperhatikan dalam musyawarah diantaranya :
• Nilai penghargaa terhadap orang lain
• Kebebasan berpendapat, nilai kebersamaan
• Nilai hak dan kewajiban
• Keputusan yang diambil juha harus memberikan rasa keadilan bagi seluruh pihak
Pemungutan suara disebut juga voting. Pemungutan suara yaitu menuliskan pilihan setiap orang dengan mengabil suara terbanyak sebagai keputusan. Voting ditempuh bila musyawarah tidak membuahkan hasil . berikut ini merupakan pertimbangan-pertimbangan dalam votng adalah sebagai berikut :
• Voting dilakukan bila musyawarah untuk mufakat tidak memberikan hasil
• Voting di lakukan karena waktu yang terbatas
• Keputusan voting harus diterima oleh semua pihak bagaimanapun hasilnya
• Peserta yang hadirdalam voting harus mencapai kuorum yaitu sebanyak dua per tiga dari anggota yang hadir
Aklamasi adalah pernyataan setuju secara lisan dari anggota kelompok . keputusan yang dihasilkan dari aklamasi harus dipatuhi oleh seluruh anggota kelompok
Melaksanakan dan mematuhi keputusa bersama
Keputusan bersama harus dilakukan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab oleh setiap anggota. Asas-asas yang harus dijunjung tinggi dalam mematuhi keputusan bersama adalah asas kekeluargaan dan gotong-royong.
Manfaat mengambil keputusan bersama :
• Persamaan kedudukan diantara setiap pengambil keputusan
• Menciptakan keadilan
• Melatih sikap bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil
Pengambilan keputusan sesuai dengan sila keempat, yaitu “ kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat yaitu:
• Setiap orang berhak untuk mengemukakan pendapat
• Setiap orang harus menghormati pendapat orang lain
• Setia orang memiliki hak dan kewajiban yang sama
• Musyawarah harus diliputi oleh semangat kekeluargaan
• Keputusan harus diterima dan di laksanakan dengan penuh tanggung jawab
Metode Pembelajaran
Ceramah Penugasan
Diskusi
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Menjelaskan bentuk-bentuk keputusan bersama dalam berbagai lingkugan, seperti di lingkungan rumah,masyarakat, sekolah,dan pemerintahan/Negara
Menyebutkan bentuk keputusan bersama dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama
Elaborasi
Menyiapkan tugas individu berupa studi kasus
Memeriksa hasil kerja siswa dengan melibatkan siswa
Mengevaluasi hasil kerja siswa dalam mengerjakan soal
Konfirmasi
Guru bertanya jawab atas tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman materi yang disampaikan agar siswa lebih mengerti
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan atas materi yang telah diterima
Guru memberikan tugas PR untuk siswa
Sumber / bahan ajar
Buku paket PKn KTSP 2006 penerbit Kompas Ilmu
Teknik Penilaian
Uraian
Instrument
No Bentuk-bentuk keputusan bersama Pendapatmu
1. Kamu ditilang karena tidak membawa SIM,namun
Membawa STNK ……………………..
2. Kamu di hukum guru karena tidak mengerjakan PR ……………………..
3. Kamu diwajibkan mengenakan pakaian sekolah berupa
Seragam dengan jadwal keputusan bersama ………………………
Skor
Jumlah benar x 2 = jumlah nilai
Pencapaian ketuntasan 75
Mengetahui, Bekasi,…………………..20……
Kepala Sekolah Guru kelas
DEWI ROSITA,MM.Pd Eddie Budiman,S.Pd
NIP. 19670305 199005 2 001
Comments
Post a Comment