rpp tema 8 subtem.2 pemb.2 kls 5 SD.doc
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA IV
Kelas / Semester : V / II
Tema 8 : LINGKUNGAN SAHABAT KITA
SUB TEMA : 2 / PERUBAHAN LINGKUNGAN
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 5 x 35 menit ( 1 pertemuan )
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan dan menghargai ajaran yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, percaya diri, peduli dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga,
dan Negara
3.
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang
dijumpai dirumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4.
Menunjukkan
keterampilan berpikir dan bertindak kreatif , produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan
kritis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan perilaku
perkembangannya.
B. KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
3.8
Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
4.8
Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita
yang terdapat pada teks fiksi
IPA
3.8
Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan
mahluk hidup.
4.8
Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai
sumber
SBDP
1.3
Memahami
pola lantai dalam tari kreasi daerah
4.3
Mempraktikkan
pola lantai pada gerak tari kreasi daerah
C. INDIKATOR
1.
Siswa
mampu mengidentifikasi berbagai bentuk pola lantai tari dengan baik
2.
Siswa
mampu menjelaskan pola lantai dengan benar
3.
Siswa
dapat memperagakan pola lantai dengan benar
4.
Siswa
dapat memperagakan pola lantai gerak tari kreasi daerah dengan benar
5.
Siswa
dapat menjelaskan ketersediaan air bersih dengan benar
6.
Siswa
dapat membuat karya poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui
kegiatan mengamati Video tari, siswa mampu mengidentifikasi bentuk pola lantai
tari dengan baik.
2.
Melalui
kegiatan pengamatan, Siswa mampu menjelaskan pola lantai dengan benar
3.
Melalui
kegiatan mencoba, siswa dapat memperagakan pola lantai dengan benar
4.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat memperagakan pola lantai gerak tari kreasi
daerah dengan benar
5.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan ketersediaan air bersih dengan
benar.
6.
Melalui
kegiatan berkreasi, siswa dapat membuat karya poster tentang dampak siklus air
bagi kehidupan.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
Pola
Lantai Gerak Tari
Pada
saat menari, penari kadang bergerak ke kiri dan ke kanan, maju mundur, atau
bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan seolah-0lah ada satu garis
imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian.
Garis
imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak disebut pola lantai.
Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok.
Siklus
Air dan Bencana Kekeringan
Peristiwa
siklus air merupakan peristiwa sehari-hari yang sering tidak disadari oleh
manusia. Siklus air menghasilkan air bersih yang berguna untuk kebutuhan
manusia. Manusia memerlukan air bersih antara lain untuk keperluan raumah
tangga, keperluan industri, dan jug pertanian.
Pada
musim kemarau air hujan yang turun menjadi berkurang. Air hujan yang turun
biasanya langsung diserap oleh tanah
menjadi air tanah. Jika air sungai dan danau surut akan menyebabkan berkurangnya penguapan air.
Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah semakin berkurangnya curah hujan.
F. METODE
PEMBELAJARAN
Ø
Ceramah
Ø
Demontrasi
Ø
Tanya
jawab
G. LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembuka
1.
Berdoa
2.
Mengisi
daftar kelas dan mempersiapkan materi ajar
3.
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika mengikuti kegiatan belajar
4.
Siswa
di kondisikan kedalam situasi belajar yang kondusif
5.
Guru
bersama siswa menyanyikan lagu “ Indonesia Raya “
6.
Guru
melakukan apersepsi dengan mengulas
pelajaran yang lalu tentang siklus air dan membedakan air tanah dan air
permukaan
7.
Siswa
mengamati peragaan tari kreasi daerah jenis tari berpasangan melalui video tari
8.
Siswa
diminta memperhatikan formasi penari saat melakukan gerak tari, arah gerak
penari, dan garis imajiner yang dilalui penari
9.
Siswa
diminta untuk Membaca Teks “ Pola Lantai Gerak Tari “ yang ada pada buku siswa
10.
Kemudian
guru memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan kembali pengertian pola
lantai dengan menggunakan bahasanya sendiri dan ganbar pola lantai yang ada
pada buku teks
11.
Siswa
mempersentasikan tugas nya didepan kelas
Kegiatan
Inti
1.
Siswa
membaca teks “ Siklus Air dan Bencana kekeringan”.dengan teknik membaca senyap
10-15 menit. Selanjutnya siswa diajak bertanya jawab mengenai isi bacaan.
2.
Siswa
dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 4-5 orang siswa.
3.
Siswa
mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
a.
Peristiwa-peristiwa
apakah yang terjadi pada teks ?
b.
Bagaimana
proses siklus air menghasilkan air yang bersih ? Jelaskan !
c.
Apa
yang dimaksud dengan air tanah ?
d.
Bagaimana
perbedaan air tanah dengan air permukaan ?
e.
Mengapa
air permukaan biasanya lebih kotor daripada air tanah ?
f.
Apa
akibat dari musim kemarau yang panjang ?
4.
Hasil
yang diharapkan dari kegiatan ini adalah pengetahuan dan keterampilan siswa
dalam mengidentifikasi peristiwa dalam bacaan.serta kecermatan siswa dalam
menganalisis siklus air.
5.
Siswa
membuat poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan
Kegiatan
Penutup
1.
Guru
meminpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat simpulan umum tentang
kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari ini. Siswa
diminta untuk merefleksikan sikap,
kemampuan, dan keterampilan yang terkait dengan pembelajaran materi hari ini.
H. SUMBER
/ BAHAN PEMBELAJARAN
Ø
Buku
tema 8 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2018
Ø
Lingkungan
sekitar
Ø
Kertas
gambar/alat gambar
I.
JENIS PENILAIAN
1.
Menjelaskan
pola lantai gerak tari
Bentuk
penilaian : Penugasan
Instrument
Penilaian : Rubrik
KD
Seni Budaya dan Prakarya 3.3 dan 4.3
Tujuan
kegiatan penilaian : Mengukur pengetahuan siswa mengenai pengertian pola lantai
2.
Membuat
poster dampak siklus air bagi kehidupan
Bentuk
penilaian : Penugasan
Instrument
Penilaian : Rubrik
KD
IPA 3.8 dan 4.8
Tujuan
Kegiatan penilaian : Mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa dalam membuat
poster sederhana untuk menjelaskan dampak siklus air bagi kehidupan.
3.
Mengidentifikasi
dan menuliskan peristiwa-peristiwa pada bacaan
Bentuk
penilaian : Penugasan
Instrumen
Penilaian : Rubrik
KD
Bahasa Indonesi 3.8 dan 4.8
Tujuan
Kegiatan Penilaian : Mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa dalam
mengidentifikasi dan menuliskan peristiwa-peristiwa pada bacaan
Bekasi, April 2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas VC
SDN
Mustikajaya IV
LAILI
KHALILLAH,S.Pd.MM EDDIE BUDIMAN,S.Pd
NIP.
19711224 199307 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
KOMPETENSI DASAR
BAHASA
INDONESIA
3.8
Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
4.8
Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita
yang terdapat pada teks fiksi
IPA
3.8
Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan
mahluk hidup.
4.8
Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai
sumber
INDIKATOR
1.
Siswa
dapat menjelaskan ketersediaan air bersih dengan benar
2.
Siswa
dapat membuat karya poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan
PETUNJUK
1. Amatilah
gambar poster dibawah ini !
2. Buatlah
poster dampak siklus air bagi kehidupan dengan kata-katamu sendiri
3. Setelah
selesai laporkan pada gurumu !
Comments
Post a Comment