RPP tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 kelas 5 SD. doc
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Nama Sekolah : SDN MUSTIKAJAYA IV
Kelas / Semester : V / II
Tema 8 : LINGKUNGAN SAHABAT KITA
SUB TEMA : 2 / PERUBAHAN LINGKUNGAN
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 5 x 35 menit ( 1 pertemuan )
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan dan menghargai ajaran yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, percaya diri, peduli dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga,
dan Negara
3.
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang
dijumpai dirumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4.
Menunjukkan
keterampilan berpikir dan bertindak kreatif , produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan
kritis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan perilaku
perkembangannya.
B. KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
3.8
Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
4.8
Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita
yang terdapat pada teks fiksi
IPA
3.8
Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan
mahluk hidup.
4.8
Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai
sumber
C.
INDIKATOR
Ø
Siswa
mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks non fiksi dengan
benar.
Ø
Siswa
dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi siklus air dengan benar.
Ø
Siswa
mampu membuat kesimpulan tentang terjadinya air tanah dan air permukaan
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Ø
Melalui
kegiatan mengamati, Siswa mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan
pada teks non fiksi dengan benar.
Ø
Melalui
kegiatan melakukan pengamatan dan berdiskusi , siswa dapat mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi siklus air dengan benar.
Ø
Melalui
kegiatan mencoba, siswa mampu membuat kesimpulan tentang terjadinya air tanah
dan air permukaan
E. MATERI
PEMBELAJARAN
Perubahan
Lingkungan
Gambar
A Gambar
B
Perhatikan
gambar diatas !
1.
Apa
komentarmu melihat gambar tersebut ?
2.
Gambar
manakah yang lebih indah dilihat ?
3.
Dapatkah
lingkungan gambar A berubah seperti gambar B ?apa yang menyebabkannya
4.
Dapatkah
lingkungan seperti gambar B berubah seperti gambar A ? bagaimana caranya
5.
Sebutkan
cara-cara yang biasa kamu lakukan dalam menjaga lingkungan rumah dan sekolahmu!
Siklus
Air Tanah
Proses
siklus air menyebabkan air bergerak meninggalkan tanah ke udara. Selanjutnya
air turun lagi ke tanah. Nah, air yang turun ke tanah ini ada yang masuk ke
sungai. Aliran air di sungai ini akan terkumpul kembali di laut. Selain masuk
ke sungai dan ke laut, ada juga air yang tergenang membentuk danau.
Air
yang turun ke tanah ada yang masuk dan bergerak kedalam tanah melalui
celah-celah dan pori-pori tanah serta bebatuan. Air yang masuk kedalam tanah
ini kemudian menjadi air cadangan (sumber air)
Air
cadangan akan selalu ada apabila daerah peresapan air selalu tersedia. Daerah
resapan air terdapat dihutan-hutan. Tumbuhan hutan mampu memperkukuh struktur
tanah. Saat hujan turun air tidak langsung hanyut tetapi air akan terserap dan
terismpan di dalam tanah.
Pembangunan
jalan yang menggunakan aspal dapat menghalangi meresapnya air hujan kedalam
tanah. Akibatnya pada saat hujan air tidak dapat meresap ke dalam tanah. Hal
ini menyebabkan terjadinya banjir dan air menggenangi jalan-jalan.
Kamu telah membaca teks “ Siklus Air
Tanah”. Peristiwa apa yang terdapat pada teks? Bagaimana Urutannya ? tuliskan
dalam diagram alir berikut
Ayo mencoba !
Lakukan kegiatan berikut bersama kelompokmu (4-5
orang)
1.
Siapkan
batu bata, bongkahan-bongkahan batu dan 2 buah wadah misalnya Loyang
2.
Pada
satu Loyang letakkan batu bata, pada Loyang lain letakkan bongkahan – bongkahan
batu
3.
Tungkan
air kedalam Loyang setinggi 5 cm. diamkan selama lebih kurang 1 jam
4.
Setelah
1 jam , amati tinggi air pada setiap Loyang
5.
Apa
hasil pengamatanmu ? apakah ada perbedaan tinggi pada setiap Loyang ?
6.
Apa
yang terjadi pada Loyang yang berisi batu bata ?
7.
Apa
yang terjadi pada Loyang yang berisi bongkahan-bongkahan batu ?
8.
Apa
yang dimaksud air tanah ?
9.
Apa
yang dimaksud air permukaan ?
10.
Dari
percobaan diatas, Loyang manakah yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan
Loyang mana menunjukkan terbentuknya air permukaan ?
F. METODE
PEMBELAJARAN
Ø
Diskusi,
ceramah , Tanya jawab
G. LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan awal
1.
Berdoa
2.
Mengisi
daftar kelas dan mempersiapkan materi ajar
3.
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika mengikuti kegiatan belajar
4.
Siswa
di kondisikan kedalam situasi belajar yang kondusif
5.
Guru
bersama siswa menyanyikan lagu “ Indonesia Raya “
6.
Guru
melakukan apersepsi dengan mengulas
pelajaran yang lalu tentang pentingnya memelihara lingkungan bagi kehidupan
mahluk hidup
7.
Siswa
mengamati gambar pada awal subtema 2
8.
Dengan
bimbingan guru siswa membahas tentang berbagai kondisi lingkungan pada
gambar.guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema lingkungan sahabat kita
serta juddul subtema perubahan lingkungan.
9.
Guru
dapat memberikan pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topic
perubahan lingkungan.
Dengan
pertanyaan (gambar terlampir )
a)
Apa
komentarmu melihat gambar tersebut ?
b)
Gambar
manakah yang lebih indah dilihat ?
c)
Dapatkah
lingkungan gambar A berubah seperti gambar B ?apa yang menyebabkannya ?
d)
Dapatkah
lingkungan seperti gambar B berubah seperti gambar A ? bagaimana caranya ?
e)
Sebutkan
cara-cara yang biasa kamu lakukan dalam menjaga lingkungan rumah dan sekolahmu!
10.
Hasil
yang diharapkan siswa dapat mengemukakan pendapatnya mengenai perubahan
lingkungan dan cara menjaga lingkungan.
11.
Siswa membaca pengantar mengenai
perubahan lingkungan karena alam dan kegiatan manusia
12.
Siswa
diajak bertanya jawab mengenai perubahan yang menguntungkan
Kegiatan
Inti
1.
Siswa
membaca teks berjudul “ siklus Air Tanah “ kegiatan membaca dapat dilakukan
secara bergantian, salah seorang siswa membaca 1 paragraf , siswa lain
mendengarkan.paragraf selanjutnya dibaca oleh siswa berikutnya.
2.
Siswa
menuliskan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada bacaan dalam bentuk diagram
alir. Kemudian secara bergantian siswa membacakan hasil pekerjaannya.
3.
Kegiatan
ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang
peristiwa-peristiwa pada teks nonfiksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi
siklus air. Dan hasil yang diharapkan adalah kecermatan dan pengetahuan siswa
dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi siklus air dengan benar.
4.
Siswa
dibagi dalam berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
5.
Masing-masing
mengerjakan tugas kelompok mengerjakan tugas seperti yang ada pada buku siswa.
Antara lain :
a)
Tulislah
terjadinya air tanah ?
b)
Tulislah
faktor-faktor yang mempengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah !
c)
Tulislah
kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah !
6.
Siswa
dapat saling berdiskusi didalam kelompoknya, kemudian setiap kelompok
mempersentasikan hasil diskusinya.
7.
Guru
mengkondisikan siswa untuk melakukan percobaan dengan membuat kelompok atas 4-5
orang siswa. Setiap kelompok melakukan langkah-langkah percobaan berikut :
a)
Siapkan
batu bata, bongkahan-bongkahan batu dan 2 buah wadah misalnya Loyang
b)
Pada
satu Loyang letakkan batu bata, pada Loyang lain letakkan bongkahan – bongkahan
batu
c)
Tungkan
air kedalam Loyang setinggi 5 cm. diamkan selama lebih kurang 1 jam
d)
Setelah
1 jam , amati tinggi air pada setiap Loyang
e)
Apa
hasil pengamatanmu ? apakah ada perbedaan tinggi pada setiap Loyang ?
f)
Apa
yang terjadi pada Loyang yang berisi batu bata ?
g)
Apa
yang terjadi pada Loyang yang berisi bongkahan-bongkahan batu ?
h)
Apa
yang dimaksud air tanah ?
i)
Apa
yang dimaksud air permukaan ?
j)
Dari
percobaan diatas, Loyang manakah yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan
Loyang mana menunjukkan terbentuknya air permukaan ?
8.
Siswa
menuliskan laporan pengamatan hasil kegiatan lalu membacakannya di depan
kelompok-kelompok lain. Hasil pengamatan semua kelompok dapat digunakan sebagai
bahan diskusi kelas.
9.
Kegiatan
ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang terjadinya air
tanah dan air permukaan. Dan hasil yang diharapkan adalah pengetahuan dan
keterampilan siswa dalam mengidentifikasi kondisi yang menyebabkan terjadinya
air tanah dan air permukaan.
Kegiatan Penutup
1.
Guru
meminpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat simpulan umum tentang
kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari ini. Siswa
diminta untuk merefleksikan :
a)
Pengetahuan
apa yang telah dipelajari siswa hari ini ?
b)
Keterampilan
apa yang siswa latih hari ini ?
c)
Sikap
apa yang siswa kembangkan hari ini ?
H. SUMBER
BAHAN / ALAT BELAJAR
Ø
Buku
Tema 8 , penerbit Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017
Ø
Wadah
air, batu bata, bongkahan batu, dan lingkungan sekitar
I.
JENIS PENILAIAN
1.
Mengidentifikasi
dan menuliskan peristiwa-peristiwa pada bacaan
Bentuk
penilaian : Penugasan
Instrument
Penilaian : Rubrik
KD
Bahasa Indonesia 3.8 dan 4.8
Tujuan
Kegiatan Penilaian : Mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa dalam
mengidentifikasi dan menuliskan peristiwa-peristiwa pada bacaan
2.
Berdiskusi
tentang siklus air bagi kehidupan dibumi
Bentuk
penilaian : kinerja
Instrument
penilaian : rubric
KD
IPA 3.8 dan 4.8
a.
Mengukur
pengetahuan dan keterampilan siswa tentang siklus air, faktor-faktor yang
mempengaruhi ketersediaan air tanah dan kegiatan yang dapat dilakukan untuk
menjamin ketersediaanya.
b.
Mengukur
keterampilan siswa menggambar bagan siklus air tanah
3.
Melakukan
percobaan tentang sifat porositas benda ( kemampuan benda menyerap air )
Bentuk
penilaian : kinerja
Instrument
penilaian : rubric
KD
IPA 3.8 dan 4.8
Tujuan
Penilaian :
a.
Mengukur
pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi sifat porositas batu dan batu bata,
kaitannya dengan pembentukan air tanah dan air permukaan.
b.
Mengukur
keterampilan siswa dalam melakukan percobaan
Bekasi, April 2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas VC
SDN
Mustikajaya IV
LAILI
KHALILLAH,S.Pd.MM EDDIE BUDIMAN,S.Pd
NIP.
19711224 199307 2 001
Lampiran
LEMBAR KERJA SISWA
BAHASA INDONESIA
3.8
Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
4.8
Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita
yang terdapat pada teks fiksi
IPA
3.8
Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan
mahluk hidup.
4.8
Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai
sumber
INDIKATOR
Ø
Siswa
mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks non fiksi dengan
benar.
Ø
Siswa
dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi siklus air dengan benar.
Ø
Siswa
mampu membuat kesimpulan tentang terjadinya air tanah dan air permukaan
Ayo
mencoba !
Lakukan kegiatan berikut bersama kelompokmu (4-5
orang)
1.
Siapkan
batu bata, bongkahan-bongkahan batu dan 2 buah wadah misalnya Loyang
2.
Pada
satu Loyang letakkan batu bata, pada Loyang lain letakkan bongkahan – bongkahan
batu
3.
Tungkan
air kedalam Loyang setinggi 5 cm. diamkan selama lebih kurang 1 jam
4.
Setelah
1 jam , amati tinggi air pada setiap Loyang
5.
Apa
hasil pengamatanmu ? apakah ada perbedaan tinggi pada setiap Loyang ?
6.
Apa
yang terjadi pada Loyang yang berisi batu bata ?
7.
Apa
yang terjadi pada Loyang yang berisi bongkahan-bongkahan batu ?
8.
Apa
yang dimaksud air tanah ?
9.
Apa
yang dimaksud air permukaan ?
10.
Dari
percobaan diatas, Loyang manakah yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan
Loyang mana menunjukkan terbentuknya air permukaan ?
Ayo Bercerita !
1. Tulislah hasil pengamatan dan
analisis kalian. Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu pada kelompok
lain .
2.
Dari
hasil percobaan tersebut, jelaskan terjadinya air tanah dan air permukaan.
Comments
Post a Comment