Tugas tes formatif pendidikan seni di SD.pdgk 4207.doc




TUGAS MATA KULIAH
PENDIDIKAN SENI di SD
PDGK 4207 
MODUL 1 - 12








Nama : Eddie Budiman
NIM : 836203935








UPBJJ JAKARTA
UNIVERSITAS TERBUKA
2018







MODUL 1
WAWASAN SENI
Test formatif 1
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Salah satu siswa anda dapat  menarikan sebuah tarian tradisional dengan pakem yang benar. Ini termasuk pemahaman seni tentang ….
Jawab : kemahiran
2. Patung yang terdapat pada sebuh gapura sebuh rumah kolektor  benda-benda antic termasuk karya seni ….
Jawab : murni
3. Ekspresi wajah dan gerakan yang lucu dan konyol  dari actor komedi  mandra mengundang gelak tawa  para penonton , adalah salah satu  contoh seni sebagai ….
Jawab : karya
4. Seni adalah semua perbuatan manusia yang timbul dari hidup  erasaannya dan bersifat indah sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia  adalah pendapat dari ….
Jawab : K.H. Dewantara
5. Jiwa dari seni suatu etnis barakar pada ….
Jawab : tradisi budayanya

Test Formatif 2
Lingkarilah huruf B jika pernyataan benar dan huruf S bila pernyataan salah !
1. Keragaman seni budaya nusantara sering disebut multilingual
Jawab : salah
2. Yang membedakan anatara seni untuk upacara dengan hiburan adalah pada aspek koreografinya
Jawab : benar
3. Tari serampang dua belas termasuk kategori tarian untuk upacara
Jawab : salah
4. Secara garis besar fungsi penyajian dalam seni ada tiga ( upacara, hiburan , aktualisasi diri )
Jawab : salah
5. Fungsi seni dalam kehidupan masyarakat karena tradisi yang turun –temurun
Jawab : benar
Tes formatif 3
Lingkarilah huruf B jika pernyataan benar dan huruf S bila pernyataan salah !
1. Seni dalam proses penciptaanya di ilhami oleh keadaan lingkungan alam sekitarnya
Jawab : benar
2. Seni dapat memanfaatkan binatang sebagai sumber inspirasi penciptaan karyanya
Jawab : benar
3. Jenis tari menurut koreografinya dapat dibedakan menjadi empat jenis
Jawab : salah
4. Koreografi berpasangan tidak memerlukan kekompakan dalam penampilannya
Jawab : salah
5. Seni keramik adalah contoh hasil karya seni yang mengeksplor alam
Jawab : benar




MODUL 2
PENGETAHUAN DASAR SENI
Tes Formatif 1
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Yang bukan merupkan elemen bunyi adalah ….
Jawab : pita suara
2. Diantara istilah berikut ini yang termasuk istilah dinamik music adalah ….
Jawab : cresendo
3. Birama ditimbulkan oleh adanya pengulangan ketukan dalam hitungan tertentu. Pengulangan tersebut ditandai oleh adanya ketukan yang ….
Jawab : bertekanan kuat
4. Accelerando adalah istilah digunakan dalam music untuk menyatakan ….
Jawab : tempo
5. Nama yang tepat untuk notasi berikut ini adalah ….
Jawab : a
6. Dengan melihat nada biramanya, diantara nada-nada berikut ini yang bernilai tiga ketukan adalah…
Jawab : C

7. Melodi berikut ini terdiri atas dua frase yang merupakan pertanyaan dan jawaban . kedua frase pada melodi ini mempunyai pola bentuk yang dapat dilambangkan dengan susunan ….
Jawab : a-b
8. Diantara sususnan tiga nada berikut ini, yang dapat dinamakan actor dengan susunan jarak 1-3-5 adalah ….
Jawab : B
9. Dalam tangga nada mayor, pola jarak yang benar adalah ….
Jawab : 1-1-½-1-1-1-½
10. Lagu Indonesia Raya ciptaan W.R.Supratman dinyanyikan dalam nada dasar G mayor. Hal ini berarti bahwa dalam penuisan notasi  musiknya dituliskan tanda mula ….
Jawab : A.

Tes formatif 2
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat !
1. Elemen dasar komposisi tari adalah ….
Jawab : 12 elemen
2. Yang termasuk elemen utama artistic adalah ….
Jawab : tata cahaya
3. Gerak penari kelompok berurutan adalah disebut desain ….
Jawab : cannon
4. Gerak tari yang menggambarkan remaja sedang berhias adalah termasuk jenis ….
Jawab : feminisme
5. Lapangan yang dapat digunakan untuk pentas tari rakyat dapat dikelompokkan dalam tempat pertunjukkan yang disebut ….
Jawab : terbuka
6. Cerita Cut Nyak Dien bila di ekspresikan dalam seni tari mempunyai materi tema ….
Jawab : perlawanan
7. Dalam tari yang berjudul malin kundang ada adegan malin kundang yang sedang bersenang-senang, kemudian di sudut lain dalam panggung ada tokoh Ibunya yang sedang menangis karena rindu kepada anaknya. Tata lampu dalam adegan ini, tokoh Ibu dan tokoh malin kundang di sorot lampu , sedang disekitarnya agak meredup. Tata lampu yang seperti ini menurut fungsinya adalah ….
Jawab : menciptakan ruang yang berbeda
Tes formatif 3
Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1. Keseimbangan yang bagiannya berbeda namun setara bobot unsurnya disebut keseimbangan ….
Jawab : asimetris
2. Keserasian yang di upayakan dengan menyusun warna tua, sedang, dan muda secara berdampingan disebut keserasian ….
Jawab : karib
3. Garis lengkung atau gelombang memiliki sifat ….
Jawab : lembut
4. Bidang dibatasi oleh ….
Jawab : garis
5. Manakah yang termasuk unsur dalam seni rupa dibawah ini ….
Jawab : warna
6. Dalam warna sekunder hijau dapat dihasilkan dari campuran dua warna, yaitu warna ….
Jawab : kuning dengan biru
7. Warna sekunder ada tiga, yaitu warna ….
Jawab : oranye, ungu, hijau
8. Perbandingan bagian-bagiandari sebuah benda disebut ….
Jawab : proporsi

MODUL 3
KEMAMPUAN DASAR DAN KARAKTERISTIK SENI ANAK SD
Tes Formatif 1
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Kemampuan berpikir anak sekolah dasar itu sesungguhnya ….
Jawab : sama satu dengan yang lain
2. Pemilihan materi pembelajaran seni yang baik untuk anak sekolah dasar sebaiknya dimulai dari yang besifat ….
Jawab : klasik
3. Materi-materi pelajaran untuk anak SD yang sifatnya abstrak perlu dikemas menjadi materi yang …
Jawab : sederhana namun menarik
4. Emosi anak mudah dikenali dari cirri-cirinya seperti ….
Jawab : jarang terjadi
5. Materi pembelajaran seni yang baik adalah yang bersifat ….
Jawab : kelompok
6. Anak usia sekolah dasar lebih menyukai aktifitas yang bersifat ….
Jawab : kompetisi
7. Dunia anak-anak adalah dunia bermain, oleh karena itu proses belajar dikemas dalam bentuk ….
Jawab : di luar kelas
8. Agar perkembangan sosial anak berlangsung dengan baik, guru dapat mengemas pembelajaran music dengan ….
Jawab : bermain music bersama
9. Secara alamiah anak-anak sudah membawa kemampuan menangkap getar keindahan sejak lahir dengan kualitas yang ….
Jawab : sama antara anak laki-laki dengan perempuan
10. Ekspresi seni bagi anak disamping berfungsi sebagai media aktualisasi diri juga sebagai ….
Jawab : pengalaman berdiri di depan orang banyak

Tes formatif 2
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !
1. Suara cambiata terjadi pada anak ….
Jawab : laki-laki usia 10 – 12 tahun
2. Mengamati karya seni rupa dapat dilihat dari aspek-aspek beikut, kecuali ….
Jawab : lingkungan anak
3. Anak usia SD yang mampu menggambar objek sesuai dengan proporsi, perspektif dan detailnya termasuk dalam type ….
Jawab : visual
4. Sesuai dengan istilahnya maka ketika anak menggambar secara realistic, anak ….
Jawab : mengabaikan emosi dan menggenggam rasionya
5. Suara menjadi banyak mengandung udara terjadi pada …
Jawab : anak perempuan menjelang dewasa.
6. Perkembangan psikomotorik baik halus maupun kasardianggap telah terkendali pada anak usia ….
Jawab : 6 tahun
7. Cirri gambar dimana antara objek yang satu dengan yang laintidak saling mendukung terjadi pada karya seni rupa anak di rentang usia ….
Jawab : 4-7 tahun
8. Kesadaran anak akan adanya hubungan antar gerakan –gerakan anggota tubuh muncul ketika anak .
Jawab : mulai menyadari adanya konsep ruang dalam menggambar
9. Berikut adalah bukan salah satu karakteristik music anak SD yakni ….
Jawab : tema lagu dapat beragam
10. Lagu yang sesuai untuk anak usia SD salah satunya adalah ….
Jawab : dapat member keleluasaaan anak bergerak


MODUL 4
PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM BERKARYA SENI
Tes formatif 1
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Hasil budaya manusia untuk mempertahankan hidup dengan penciptaan sarana/prasarana melalui kegiatan yang disengaja ataupun yang tidak adalah ….
Jawab : teknologi
2. Berikut ini adalah struktur karya seni, kecuali ….
Jawab : teknik
3. Pencipta karya seni membutuhkan teknik, pendekatan, prinsip, dan keterampilan dalam mewujudkan ….
Jawab : gagasannya
4. Seorang guru meminta gurunya membuat kincir angin dari kertas bekas dengan sebatang lidi sebagai kedudukannya, merupakan pamanfaatan teknologi dengan ….
Jawab : system sederhana dan kinerja manual sebagai kerajinan
5. Teknologi hadir karena manusia ….
Jawab : perlu untuk mempertahankan hidupnya
6. Berikut adalah prinsip keteknikan dalam penciptaan karya seni, kecuali ….
Jawab : peniruan
7. Miniature rumah adat merupakan salah satu produk seni dengan menggunakan kerja teknologi yang berprinsip ….
Jawab : karajinan
8. Berikut ini dampak pembelajaran teknologi rekayasa, kecuali ….
Jawab : cakap menyusun alat berdasarkan system kinerjanya
9. Sebuah prinsip teknologi yang mengandalkan bentuk karya terapan adalah ….
Jawab : karajinan
10. Berikut adalah aspek-aspek utama dalam produksi yang berlandaskan prinsip teknologi pengolahan, kecuali ….
Jawab : terampil

 Tes formatif 2
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Berikut ini adalah teknologi temuan manusia ….
Jawab : sederhana dan tinggi
2. Teknologi jam yang memanfaatkan kumparan gas merupakan teknologi ….
Jawab : putar
3. Penyempurnaan teknologi hasil temuan manusia yang berlangsung setahap demi setahap merupakan kinerja ….
Jawab : evolusi
4. Energy yang digunakan untuk menggerakkan jarum jam tangan berasal dari ….
Jawab : gerigi roda
5. Kayuhan kaki pada pedal sepeda menghasilkan ….
Jawab : energy

MODUL 5
OLAH MUSIK
Tes Formatif 1
Jawab pertanyaan berikut ini dengan benar !
1. Sebutkan jenis pernapasan yang baik untuk versi vocal , dan jelaskan bagian tubuh mana yang mengembang saat pernapasan tersebut dilakukan ?
Jawab : pernafasan diafragma. Bagian tubuh yang mengembang  : sekat rongga badan bergerak lurus turun ke bawah mengembang juga ulu hati dan bagian belakang tubuh.



2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan artikulasi  dan apa pengaruhnya dalam olah vocal ?
Jawab : artikulasi adalah pengungkapan gagasan music melalui pengucapan kalimat / syair dan kalimat music dengan jelas. Pengungkapan huruf hidup dan hufuf mati , serta frase music mempengaruhi interpretasi dan ekspresi
3. Sebutkan tempat-tempat resonansi yang terdapat dalam tubuh manusia  untuk olah vocal ?
Jawab : resonansi dalam tubuh manusia terletak pada bagian kepala , mulut , dan tenggorokan
4. Uraikan dengan jelas bagaimana proses pernapasan diagfragma yang benar dalam bernyanyi ?
Jawab : proses bernafaas dalam bernyanyi adalah hirup – tahan – hembus – tahan , yang dilakukan secara berulang-ulang.

Tes formatif 2
Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1. Gambarkan pola gerakan aba-aba 4/4
Jawab :

3   4

2 1
2. Gambarkan pola gerakan aba-aba lagu  “ potong bebek angsa “ dari daerah Maluku
Jawab :

4 dimulai pada hitungan ke empat
3
2 1

3. Berikan aba-aba lagu Indonesia Raya dan gambarkan pola gerakannya. Dimulai pada pukulan / hitungan beberapa lagu tersebut ?
Jawab :
4 diakhiri pada ketukan ketiga
3

2 1

4. Gambarkan pola gerakan  aba-aba lagu “ Sinanggar Tulo “ dari daerah Tapanuli dan di akhiri  pada pukulan beberapa lagu tersebut.
Jawab :
4 diakhiri pada ketukan ketiga

3
1
2





5. Gambarkan pola gerakan aba-aba lagu  “ Pelangi “ ciptaan A.T.Mahmud dan diakhiri pada pukulan beberapa lagu tersebut.

4
   3 diakhiri pada ketukan ketiga

1
2



Tes Formatif 3
Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1. Jelaskan posisi duduk dalam bermain gitar !
Jawab : gunakan kursi tanpa sandaran samping dan duduk dibagian depan, dengan badan tegak. Letakkan kaki kiri diatas foot stool. Kaki kiri dan paha kanan menyangga badan gitar. Telapak tangan kanan membentuk setengah lingkaran dan dalam posisi rileks di depan lubang suara. Posisi tangan kiri memegang leher gitar dengan ibu jari berada pada bagian belakang leher gitar.
2. Sebutkan 3 jenis petikan dalam bermain gitar !
Jawab : jenis petikan dalam permainan gitar adalah tirando, untuk memainkan iringan, apoyando, untuk memainkan melodi/bas dan petikan strumming untuk memainkan akor dalam permainan gitar iringan.
3. Sebutkan instrument peerkusi bernada !
Jawab : imstrumen perkusi bernada glockenspiel, vibraphone, xylophone, marimba
4. Sebutkan jenis alat yang termasuk  dalam drumset !
Jawab : Nama-nama imstrumen yang termasuk  drum set adalah bass drum, snare drum, Hi-hat, ride cymbal, tom-tom, crash cymbal, floor tom-tom
5. Jelaskan cara memainkan castagnet !
Jawab : cara memainkan Castagnet adalah di letakan di telapak tangan kiri, kemudian jari-jari tangan kanan memukul/mengetuk.

MODUL 6
PENCIPTAAN KARYA MUSIK ANAK SD
Tes formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
A. Kembangkan motif berikut ini dengan :
1. Sekuens naik
2. Pembesaran nilai
3. Inverse
4. Repetisi
Jawab :









B. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam penyusunan lirik lagu untuk anak SD !
Jawab :
a) Kesesuaian tema dengan kehidupan / kejiwaan anak
b) Kesesuaian aksen lirik dengan aksen music / melodi
c) Liriknya disesuaikan dengan bahasa dan lingkungan anak

Tes formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Buatlah pola ritme dasar dari lagu “Pelangi “ ciptaan A.T Mahmud dengan menggunakan type ketukan 2 !
Jawab :




2. Buatlah pola ritme dasar dari lagu “ Ibu Kita Kartini “ ciptaan W.R. Supratman, dengan menggunakan type ketukan 2 ?
Jawab :





3. Buatlah pola ritme dasar dari lagu  “ Burung Kakatua “ lagu daerah Maluku, dengan menggunakan instrument gitar !
Jawab :



4. Instrument music apa yang dapat digunakan untuk memainkan pola ritmik di SD ?
Jawab : alat music yang digunakan untuk memainkan alat music  di SD adalah instrument music umum maupun alat music daerah. Alat music tersebut dipilih berdasarkan kemampuan /keterampilan anak didik. Instrument perkusi dapat digunakan  yang bernada (pitch) dan instrument tidak bernada ( unpitch) seperti drumset, kendang, kentongan, tifa, dll
5. Bagaimana cara membuat pola ritmik yang sesuai untuk suatu lagu ?
Jawab : untuk membuat pola ritmik yang sesuai dengan suatu lagu adalah dengan menyesuaikan antara ritme melodi dan harmoni/gerakan akor lagu tersebut dan memilih instrument yang sesuai dengan karakter lagu yang akan dibuat pola ritmiknya





MODUL 7
PENCIPTAAN TARI ANAK SD
Tes formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tahap eksplorasi !
Jawab : tahapan dimana seorang koreografer berfikir, berimajinasi, merasakan dan merespon alam sekitar, kejadian, cerita.
2. Uraikan apa yang dimaksud dengan tahap inprivisasi. Kemudian uraikan bagaimana pengalaman anda atau apa yang anda rasakan ketika anda melakukan tahap improvisasi.
Jawab : tahapan improvisasi adalah tahap dimana koreografer mengeksplor semua imajinasi dan gerak lebih luas.
3. Apa yang dimaksud dengan kerja studio ?
Jawab : kerja studio adalah kerja mandiri
4. Dalam tahap kerja kelompok apa yang dilakukan oleh piñata tari ?
Jawab : kerja kelompok dilakukan pada saat koreografer bekerjasama dengan pihak lain yang akan menyempurnakan ciptaanya seperti tat arias, tata busana, music, dan sebagainya.
5. Objek apakah yang dijadikan pengamatan oleh anda dan mengapa anda memilih objek pengamatan tersebut !
Jawab : objek pengamatan sangat beragam dan alasan pilihan objek juga sangat pribadi.

Tes formatif 2
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Apa yang dimaksud dengan konsep garapan secara utuh ?
Jawab: konsep garapan utuh adalah konsep tari yang utuh yang meliputi judul hingga teknik pentas
2. Bagaimana anda menentukan sumber garapan ?
Jawab : sumber garapan ditentukan sesuai dengan busana hati atau model
3. Apa yang dimaksud dengan mode penyajian , dan ada berapa macam mode penyajian , mode penyajian manakah yang anda pilih ?
Jawab : mode penyajian adalah gaya penyajian, ada gaya simbolik, dan respresentasional
4. Bagaimana anda menyusun konsep gerak ?
Jawab : konsep gerak disusun berdasarkan gerak yang sudah dikuasai koreografer atau dapat juga pada ragam-ragam gerak yang sudah ada.
5. Dalam membuat iringan tari, cara manakah yang anda tempuh? Berikan alasan dari pemilihan anda tersebut.
Jawab : dalam membuat iringan tari banyak cara diantaranya membuat sendiri




Tes formatif 3
Jawablah dengan singkat dan jelas !
1. Apa yang dapat dijadikan tema ceritera ? kalau sudah anda jawab coba jelaskan tema ceritera mana yang anda pilih, serta berikan alasannya yang membuat anda tertarik untuk memilih tema ceritera tersebut !
Jawab : semua objek dapat dijadikan tema seperti binatang, alam, kegiatan sehari-hari, dan suasana hati
2. Salah satu tema ceritera dalam penyusunan tari anak adalah binatang. Mengapa binatang dipilih harus yang sejenis kelinci, kupu-kupu, katak ? berikan penjelasan anda.
Jawab : karena jenis binatang tersebut sangat dikenal dan gerakannya mudah
3. Apakah anda bisa menjelaskan mengapa pembagian gerak tubuh dalam tari ada 4, yaitu gerak kepala, tangan, kaki, dan torso ?
Jawab : karena keempatnya adalah bagian yang banyak di eksplorasi.
4. Apakah hubungan antara tema ceritera dan tema gerak tubuh ? ada atau tidak harap jelaskan dalam jawaban anda.
Jawab : apabila representative  tidak ada bila simbolik
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tari mengandung ceritera !
Jawab : semua gerak mewakili penggambaran misalnya gerak menangis

Tes formatif 4
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Ada berapa macam konsep iringan yang dapat anda gunakan yang mengiringi tari ?
Jawab : ada 4 macam iringan untuk karya tari anda
2. Apa sajakah unsur-unsur dalam tari ?
Jawab : terdapat pada tata rias dan tata busana
3. Apa sajakah unsur-unsur yang terdapat dalam konsep garapan? Uraikan dengan jelas !
Jawab : judul, sumber garapan, tipe tari, model penyajian, konsep gerak konsep iringan, konsep tata busana, tata rias, konsep teknik pentas, tata panggung, property, tata lampu, tata suara, arena
4. Jenis iringan music apakah  yang anda gunakan? Mengapa anda memilih music jenis tersebut ?
Jawab : pemilihan music berdasarkan konsep gerakan tari yang dipilih oleh pencipta tari dengan alasan bagian yang menyukainya.









MODUL 8
PENCIPTAAN KARYA SENI  RUPA ANAK SD
Tes formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Posisi benda elips, contoh kaleng susu yang diletakkan tepat pada titik cakrawala maka benda itu akan terlihat ….
Jawab : tidak ada yang kelihatan
2. Dalam menggambar model  manusia harus memperhatikan ukuran perbandingan bagian tubuh manusia. Perbandingan bagian itu disebut ….
Jawab : proporsi
3. Gambar ilustrasi yang mempunyai tema penuh dalam cerita disebut ….
Jawab : ilustrasi tematik
4. Ruangan kosong pada halaman majalah sering di isi dengan gambar yang sifatnya menghias saja. Gambar ini disebut ….
Jawab : ilustrasi vignette
5. Perabot rumah tangga ( mebel) diberi ukiran sehingga perabot tersebut tampak lebih indah. Ukuran tersebut di tinjau dari fungsi seninya, termasuk sebagai ….
Jawab : hiasan
6. Wayang adalah hasil stiliran / gubahan dari bentuk manusia dan hewan sehingga  menjadi dekoratif ,  stiliran atau gubahan sering disebut ….
Jawab : deformasi
7. Lukisan yang dibuat dengan senyatanya. Dalam aliran seni lukis disebut ….
Jawab : realisme
8. Finger painting adalah salah satu cara melukis dengan menggunakan ….
Jawab : tangan langsung

Tes formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Dari pernyataan dibawah ini manakah yang termasuk karya seni rupa trimarta ….
Jawab : maket
2. Bentuk gumpalan tanah liat yang kemudian dibentuk menjadi patung dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit, teknik ini dinamakan ….
Jawab : butsir
3. Membuat patung dengan media batu, menggunakan teknik ….
Jawab : pahat
4. Teknik yang bukan untuk membuat karya trimarta dibawah ini adalah ….
Jawab : teknik sulam
5. Teknik anyam dapat juga dipakai untuk membuat karya trimarta, contohnya ….
Jawab : topi


6. Membuat pilinan tanah liat merupakan langkah awal sebuah karya tiga dimensi yang paling banyak menggunakan teknik pilin ini adalah ….
Jawab : gerabah
7. Membentuk benda dasar seperti kolase guna penciptaan karya trimarta menggunakan teknik ….
Jawab : melipat dan menempel
8. Teknik membentuk tanah liat menggunakan butsir dan sudip. Bahannya dari….
Jawab : kayu dan senar

Tes formatif 3
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat !
1. Sebutkan karakteristik seni rupa trimarta ….
Jawab : mempunyai ukuran ruangan dan isi
2. Yang dimaksud dengan teknik basah adalah ….
Jawab : pelarutan cat dengan air
3. Tema yang paling disukai anak adalah ….
Jawab : semua tema disukai
4. Mengkontruksi bentuk adalah, kecuali ….
Jawab : membentuk dengan pahat
5. Dasar pertimbangan menyusun materi pelajaran adalah ….
Jawab : sifat anak
6. Untuk mengembangkan aspek sosial toleransi, guru dapat menyiapakan ….
Jawab : tugas kelompok
7. Apakah sudip itu ?
Jawab : alat membentuk
8. Apakah yang dimaksud dengan lukisan abstrak ?
Jawab : lukisan ekspresif

MODUL 9
APRESIASI MUSIK DAN TARI
Tes formatif 1
Jawablah pertanyan berikut dengan benar dan rinci !
1. Lagu anak-anak SD dapat di apresiasi dimana saja dengan hanya mendengar lagu tersebut.
Jawab : benar, karena lagu anak SD terdapat dimana-mana
2. Mendengarkan music dengan penuh perhatian sangat diperlukan untuk mengapresiasi music .
Jawab : salah, bila music itu diperhatikan tapi dirasakan



3. Selain mendengarkan dengan cara aditif, kegiatan apresiasi music dapat dilakukan dengan ….
Jawab : imajinatif
4. Lagu “ Pelangi “ diciptakan oleh ….
Jawab : A.T.Mahmud
Uraikan jawaban anda dengan runtut dan rinci untuk pertanyaan berikut ini.
5. Analisis lagu “ Lembe-lembe “ yang berasal dari Indonesia timur dibawah ini, lalu tentukan motif pertama, kalimat pertanyaan, dan kalimat jawaban lagu tersebut.
Jawab :









Tes formatif 2
Uraikan dengan jelas dan singkat pertanyaan berikut ini
1. Sebutkan jenis tari menurut bentuknya!
Jawab : tari tradisional dan tari modern (kreasi baru)
2. Tari tradisional dibedakan  menjadi 2 bagian . sebuatkan  !
Jawab : tari kerakyatan dan tari klasik
3. Berkembang dimanakah tarian klasik?
Jawab : dikalangan keraton
4. Sebutkan beberapa karakteristik tari kerakyatan !
Jawab : gerakannya sederhana, iringan musiknya monoton, kostum, rias koreografi yang dikenakan penarinya sederhana dan alami (natural), cerita yang dibawakan biasanya legenda / sejarah / mitos
5. Mengapa seni kerakyatan lebih diminati masyarakat disbanding tari klasik ?
Jawab : karena tari kerakyatan lebih bebas tersebar ke pelosok daerah dan tidak terlalu terikat dengan norma aturan. Sedangkan tari klasik masih lekat dengan aturan dan komunitas pendukungnya terbatas di lingkungan terbatas di lingkungan keraton.
6. Jelaskan secara singkat proses pembelajaran pendidikan tari kreasi baru yang cocok bagi anak SD !
Jawab :
a. Buat kelompok anak untuk mengamati dan menirukan perilaku kucing secara terpiasah, misalnya : kelompok 1 mengamati kucing bila sedang berjalan , kemudian minta anak-anak untuk menirukannya. Kelompok 2 mengamati kucing bila sedang bermalasan. Kelompok 3 mengamati kucing bila disentuh oleh manusia. Kelompok 4 mengamati kucing bila menangkap musuhnya.
b. Meminta semua kelompok anak-anak untuk memperagakan / menirukan hasil pengamatannya.
c. Hasil dari peniruan perilaku binatang tersebut digabungkan menjadi sebuah tarian dengantentu saja diberi gerakan sambungan yang halus oleh guru, maka jadilah tarian ciptaan mereka sendiri.
7. Sebutkan manfaat apresiasi bagi anak !
Jawab : apresiasi tari dapat dijadikan sebagai media komunikasi, media pendidikan, dan media bermain bagi anak usia SD.
8. Untuk mengenal tari dari mana saudara dapat memahami ?
Jawab : dari tema yang diambilnya dan dari bentuk penyajiannya.
9. Dalam mengapresiasi tari paling tidak kita mengenal tiga unsur pokok didalamnya. Sebutkan dan jelaskan !
Jawab : wiraga berkaitan dengan teknik gerak , wirama berkaitan dengan irama pengiringnya, wirasa berkaitan dengan penguasaan atau penghayatan tarinya.
10. Sebutkan dari proses apa saja sebuah apresiasi tari dapat dihasilkan!
Jawab : apresiasi tari dihasilkan dari proses menyaksikan pertunjukkan tari, mengamati sambil memahami teks atau naskah tari, membaca latar belakang penciptaan karya tari, membaca biografi pencipta (koreografer).

MODUL 10
SENI RUPA ANAK
Tes formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Manusia sejak lahir sudah mempunyai kodrat seni. Hal ini dapat ditunjukkan pada senitaku sejak lahir, seperti dibawah ….
Jawab : bersolek
2. Dalam sejarah seni rupa kuno, gambar dapat sebagai wacana, kecuali ….
Jawab : seni pakai
3. Anak yang memiliki type penalaran kuat, dalam berolah seni rupa kecenderungan bernuansa ….
Jawab : garis
4. Sedang anak yang kuat type perasaanya dalam berolah seni rupa kecenderungan bernuansa ….
Jawab : warna
5. Bagi anak seni rupa adalah upaya untuk memahami sekelilingnya melalui ….
Jawab : ingatan
6. Pembelajaran kreativitas mencipta, menuangkan ide, imajinasi dan gagasan kepada anak adalah memiliki sasaran pembinaan ….
Jawab : cipta
7. Arahan kepada siswa agar berkarya dengan baik , tepat bentuk dan keterampilan mencipta adalah memiliki sasaran pembinaan ….
Jawab : karsa
8. Cirri karya tulisan anak diantaranya selalu mengambil objek ….
Jawab : dunia sekitarnya

Tes formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Kegiatan anak menggambar disebut perilaku naluriah, hal ini dibuktikan dengan cara anak melukis, seperti ….
Jawab : anak melukis sambil bermain-main
2. Dalam menggambar kinerjanya sudah mulai detail dalam tema, goresan, mengecat, finishing. Gambar ini dikerjakan anak usia ….
Jawab : dewasa
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi tema gambar anak seperti tersebut dibawah, kecuali …
Jawab : karya temannya yang dia anggap bagus
4. Cirri umum lukisan anak adalah tersebut dibawah ini, kecuali ….
Jawab : ilistraktif
5. Pada waktu anak sedang menggambar selalu sambil bercerita bahkan samnil menari-nari  atau meraung-raung bunyi pesawat, motor, mobil. Hal ini merupakan gaya anak dalam menggambar, yaitu gaya ….
Jawab : komik
6. Dalam menggambar anak sering menempatkan warna, garis, bidang, yang tumpang tindih. Hal ini termasuk komposisi ….
jawab : juxta position
7. Manakah yang bukan tipe gambar anak….
Jawab : x-ray
8.


Gambar diatas adalah tipe ….
Jawab : folding over

Tes formatif 3
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Apa manfaat belajar seni bagi anak ?
Jawab : Membantu pertumbuhan jiwa anak
2. Apa beda menggambar dan melukis bagi anak usia SD ?
Jawab : melukis segala macam bentuk
3. Tema yang paling disukai anak adalah …..
Jawab : semua tema disukai sesuai dengan suasana
4. Cirri lukisan anak stereotype adalah ….
Jawab : menggambar bentuk yang tidak berubah-ubah
5. Cirri lukisan anak usia 4-5 tahun adalah ….
Jawab : melukis manusia tulang
6. Kalau perkembangan jiwa anak lebih dominan pikiran daripada perasaan, maka lukisan anak mempunyai cirri ….
Jawab : gambar dominan garis
7. Kalau anda diminta menjadi juri lomba melukis, apa yang harus diperhatikan ….
Jawab : bentuk akhir lukisan indah dan menarik karena dalam lomba tersebut sulit diketahui pengaruh orang lain dalam karya anak.
8. Amatilah lukisan anak dibawah ini.




a. Sebutkan 3 ciri umum lukisan tersebut !
b. Tebak berdasarkan periodisasi dan cirri umum lukisan anak ; karya ini diciptakan oleh anak usia berapa ?
Jawab :
a. Gambar mampu menangkap objek secara detail, sisi perspektif juga mulai tampak, anak sudah mengenal perspektif sederhana
b. Anak usia 7-9 tahun


MODUL 11
KONSEP PENDIDIKAN SENI
Tes formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Salah satu fungsi pendidikan di sekolah formal adalah ….
Jawab : menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan
2. Kemampuan unstructured berpikir ada pada kinerja ….
Jawab : otak kanan
3. Perkembangan anak membutuhkan keseimbangan antara emosi (perasaan) dengan pikiran (intellectual) yang dikemas dalam model pengalaman kreatif. Ini adalah pendapat dari ….
Jawab : Lowenfeld
4. Proses pengetahuan yang tidak teratur menuju kepada kemampuan berpikir sistematis dapat dijumpai pada aktivitas ….
Jawab : produksi seni
5. Berikut adalah contoh seni dapat membantu anak memahami pelajaran lain adalah ….
Jawab : guru menggunakan instrument music gendang ketika mengajarkan tentang getaran.
6. Proses imajinasi dari kongkrit ke abstrak dapat diamati pada kegiatan anak ….
Jawab : menggambar aktivitas orang di pasar
7. Pengalaman rohani yang diterima dari sebuah karya melalui bentuk dan isinya yang direfleksikan oleh seniman merupakan aktivitas ….
Jawab : berkesenian
8. Pendidikan seni merupakan pendidikan ….
Jawab : membangun rasa toleransi dan kebersamaan
9. Seni mempunyai peranan dalam mengembangkan jiwa anak yang sifatnya ….
Jawab : komprehensif
10. Mata pelajaran yang berperan dalam mengembangkan kemampuan otak kanan adalah ….
Jawab : seni music

Tes formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Yang dimaksud seni digunakan sebagai wahana atau cara mengungkapkan segala kesusahan dan kemauan anak, adalah fungsi seni sebagai ….
Jawab : media ekspresi
2. Kreativitas mencipta bentuk sebagai inbond activity melalui pembelajaran seni rupa merupakan salah satu medium pendidikan seni untuk matra ….
Jawab : kreatif
3. Anak yang mampu mensistematikakan sesuai dengan rancangannya berdasarkan rangsangan yang diterimanya merupakan salah satu indikator  makna bahwa anak tersebut ….
Jawab : berbakat seni
4. Mengembangkan kemampuan perceptual yang meliputi kepekaan inderawi terhadap rupa, bunyi, gerak, dan perpaduannya, merupakansalah satu cara yang digunakan untuk mengembangkan matra ….
Jawab : kreativitas
5. Komunikasi kinestetik dalam pelajaran kesenian /KTK, dapat dipelajari anak melalui kegiatan ….
Jawab : menari

Tes formatif 3
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Berikut adalah komponen struktur keilmuan seni ….
Jawab : language of the kuowing of art
2. Yang dimaksud dengan pengetahuan dalam struktur keilmuan seni adalah ….
Jawab : rasa estetika terhadap karya seni
3. Pengetahuan yang terbentuk dari pengetahuan arbitrase adalah pengetahuan ….
Jawab : linear anorganik
4. Berikut adalah tahapan aktivitas mental dalam berapresiasi, kecuali ….
Jawab : simpati
5. Pengetahuan dan apresiasi merupakan pengetahuan yang ….
Jawab : saling mengisi



Tes formatif 4
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Hakikat pendidikan seni di sekolah formal adalah ….
Jawab : bagian dari pendidikan umum
2. Fungsi pendidikan seni bagi pertumbuhan anak adalah ….
Jawab : ikut melatih mengembangkan kepekaan rasa dan emosional
3. Esensi pendidikan dengan seni adalah ….
Jawab : pendidikan membutuhkan pelatihan seni karena seni dapat membantu meningkatkan pelatihan kepekaan rasa
4. Yang dimaksud dengan pendidikan melalui seni adalah ….
Jawab : melalui seni, anak akan berkembang daya komprehensif rasa maupun kepribadiannya
5. Yang dimaksud dengan seni sebagai media ekspresi adalah ….
Jawab : melalui berkesenian anak akan berkurang beban mentalnya karena dengan seni semua perasaan dan angan-angannya akan tercurahkan dalam karya anak.
6. Yang dimaksud dengan seni sebagai media komunikasi adalah ….
Jawab : seni digunakan untuk menggambarkan permasalahan yang dialami anak setiap hari.
7. Ketika anak menari “Kupu-kupu Terbang “ , pengetahuan yang ada di dalam penampilannya adalah ….
Jawab : pengetahuan kognitif, apresiasi karya tari, maupun pengetahuan pengalaman kreatif
8. Yang termasuk pengetahuan apresiatif adalah ….
Jawab : pengetahuan pemahaman tentang isi, bentuk dan arti sebuah  lagu serta tujuan penciptaannya
9. Alasan utama digunakan model bermain dalam pembelajaran pendidikan seni di SD adalah ….
Jawab : karena anak suka bermain
10. Jika seorang guru pada jam pertama masuk meminta anak bernyanyi dan kemudian nyanyian tersebut dihubungkan dengan pelajaran IPS yang akan dilangsungkan pada jam ke dua, maka pola pembelajaran ini dikatakan sebagai model pembelajaran ….
Jawab : integrasi atau terpadu










MODUL 12
PEMBELAJARAN SENI TERPADU
Tes formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Pembelajaran terpadu merupakan strategi pembelajaran yang menghendaki siswa ….
Jawab : berpikir komprehensif
2. Jika seorang guru mengajar matematika, bahasa, seni rupa, dan music secara urut dan diikat oleh satu topic, disebut ….
Jawab : threaded
3. Kurikulum praktis menurut Malcolm Ross adalah kurikulum yang ….
Jawab : memuat pesan-pesan khusus suatu daerah
4. Pembelajaran terpadu akan menjadikan siswa kurang mendalami materi, Karen bahan yang diajarkan tidak tuntas ….
Jawab : pada prinsipnya pernyataan itu salah
5. Hari ini guru meminta siswa pergi ke ladang, para siswa mendapat tugas mencari binatang sesuai dengan jenisnya ; pelajaran ini merupakan bahasan pelajaran sains. Coba buatkan keterpaduannya dengan seni rupa dan music, maka ….
Jawab : seni rupa : menggambar pemandangan alam alam dan music ; menciptakan irama yang berjudul angin


Tes formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Berikut adalah arah yang dikembangkan dalam pendidikan kesenian, kecuali ….
Jawab : estetika
2. Tujuan pendidikan seni di sekolah adalah ….
Jawab : membelajarkan anak didik melalui kegiatan berproduksi karya seni
3. Salah satu strategi pembelajaran seni dapat dilakukan melalui pendekatan eksploratif yang dikemukakan oleh ….
Jawab : Suharyo
4. Berikut adalah teknis pembelajaran praktek seni berdasarkan prinsip penciptaan karya seni, kecuali ….
Jawab : apresiasi
5. Sajian nasi tumpeng yang dihias menggunakan prinsip penciptaan karya seni ….
Jawab : kombinasi







Tes formatif 3
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Pada pembelajaran berikut, pada awalnya dan hingga proses pembelajaran berlangsung siswa tidak mengetahui mereka sedang belajar mata pelajaran tertentu merupakan salah satu cirri pembelajaran terpadu yang memadukan ….
Jawab : murni
2. Pembelajaran terpadu seni yang mirip dengan pengertian kelas rangkap adalah pembelajaran terpadu yang memadukan ….
Jawab : konsep
3. Jenis keterpaduan seni ini merupakan salah satu jalan keluar bila di sebuah sekolah hanya memiliki satu guru kesenian yaitu, keterpaduan ….
Jawab : kelas
4. Karakteristik pembelajaran kesenian di SD adalah ….
Jawab : pengetahuan seni disampaikan melalui keterpaduan toritis praktek dalam kegiatan karya.
5. Dalam pembelajaran terpadu yang mengandung pengertian sebagai kelas rangkap untuk satu materi kesenian adalah keterpaduan ….
Jawab : konsep



Comments

Popular posts from this blog

UTS PLH kls 5 SD.Doc

LATIHAN SOAL PAS semester ganjil.kls 4 SD.2018/2019