Contoh RPP Pendidikan Anti Korupsi Kelas 4 sd.doc
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD NEGERI MUSTIKAJAYA IV
TEMA : 1 / Indahnya Kebersamaan
Subtema : 2 / Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran ke : 4
Hari/Tgl pelaksanaan : 31 Juli 2021
Alokasi waktu : 2 x 25 menit
Kelas / semester : IV / I
Tahun pelajaran : 2021 / 2022
Bahasa Indonesia
3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
PPKn
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
Indikator Bahasa Indonesia
3.2.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung.
4.2.1 Peserta didik mampu Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca
Indikator PPKn
3.4.1 Peserta didik dapat Menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama
4.4.1 Peserta didik dapat Menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama
Materi : Gagasan pokok dan pendukung, Contoh bentuk Kerjasama dalam keberagaman
Sikap: Peduli dan tanggung jawab
Pengetahuan : Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks
Keterampilan : Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman
Integrasi : Literasi dan kecakapan hidup pembiasaan hidup sehat dan bersih serta penguatan PPK ( religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas )
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1) Setelah membaca teks peserta didik mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam tabel yang sudah disiapkan dengan sistematis.
2) Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan sikap peduli dan penuh tanggung jawab
II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan pembelajaran
Metode
Daring
Luring
Diskusi
Menjawab pertanyaan
A. Pendahuluan
Semangati
Guru melakukan pembukaan dengan salam, berdoa, dan memberi motivasi peserta didik melalui forum classroom
Guru menanyakan kabar serta pesan untuk selalu melaksanakan PHBS
Guru menyampaikan motivasi tentang manfaat sikap peduli serta bertanggung jawab dalam keberagaman dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan sekitar.
B. Kegiatan Inti
Sampaikan
Peserta didik membaca teks yang ada di buku siswa
Peserta didik mengamati bentuk-bentuk kerjasama masyarakat Indonesia
Guru menyampaikan contoh-contoh kerjasama masyarakat di Indonesia yang sudah menjadi kebiasaan. Seperti ronda malam, kerja bakti dan gotong-royong.
Semaikan
Guru meminta setiap peserta didik untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
Peserta didik membaca setiap paragraf dengan didampingi orangtua di rumah
Peserta didik ditugaskan untuk mencari informasi mengenai satu kebiasaan Kerjasama dalam kehidupan sehari-hari yang biasa dilakukan dengan sikap peduli serta tanggung jawab.
Selaraskan
Peserta didik menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku tugasnya.
Peserta didik memberikan contoh Kerjasama dalam keberagaman yang biasa dilakukannya dirumah dan lingkungan sekitarnya
Simplifikasi
Guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta peserta didik melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan doa dan ucapan terima kasih kepada orang tua yang sudah mendampingi peserta didik dalam belajar.
Sumber belajar
Buku guru tema 1
Buku siswa tema 1
Video pembelajaran via YouTube
Lingkungan sekitar
Gambar
III. PENILAIAN
1. Penilaian sikap dinilai dengan rubrik KI-1 dan KI-2 melalui observasi guru selama pembelajaran daring atau luring
2. Penilaian pengetahuan melalui classroom dan google meet
3. Penilaian keterampilan dalam bentuk foto, video, atau pesan suara yang dikirimkan melalui Aplikasi classroom atau WhatsApp.
Mengetahui, Bekasi,25 Juli 2021
Kepala SD Negeri Mustikajaya IV Guru kelas IV.B
LAILI KHALILLAH, S.Pd.MM EDDIE BUDIMAN, S.Pd
NIP. 197112241993072001
Comments
Post a Comment