CONTOH RPP K13 SD 1 LEMBAR.doc
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN MUSTIKAJAYA IV
Kelas
/ Semester : IV / II
Tema : 6 / Cita-citaku
Pembelajaran
: 1
Muatan
Pelajaran : B.Indonesia ( 3.6, 4.6 ),
IPA ( 3.2, 4.2 )
Alokasi
Waktu : 1 Pertemuan
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1) Melalui
kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa dapat menggali isi dan amanat puisi
yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
2) Melalui
kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat mellisankan puisi hasil karya pribadi
dengan lafal intonasi dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
3) Melalui
kegiatan pengamatan siswa dapat membandingkan siklus hidup beberapa jenis
mahluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
4) Melalui
kegiatan menyusun gambar pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa dapat membuat
skema siklus hidup yang ada dilingkungannya, dan slogan upaya pelestariannya
II.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
- KEGIATAN PENDAHULUAN
Ø Kelas
dimulai dengan berdoa dan menanyakan kabar dan kehadiran siswa
Ø Menyanyikan
lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan literasi
Ø Siswa
mengamati gambar pada buku teks dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang
berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain seorang guru, arsitek,
dokter hewan, penyanyi dan pilot.
Ø Guru
mengaitkan kegiatan ini dengan tema cita-citaku
Ø Guru
memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang
cita-cita
- KEGIATAN INTI
Ø Siswa
mengamati beberapa gambar kegiatan berbagai profesi. Siswa lalu mencoba
mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan untuk profesi tersebut
sesuai dengan bidangnya.
Ø Siswa
membaca teks puisi yang berjudul cita-cita. Dengan bimbingan guru siswa mencoba
mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dalam
kelompok.
Ø Siswa
menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam sebuah kesimpulan
tentang ciri-ciri puisi.
Ø Siswa
membaca dan memahami teks tentang cita-cita menjadi dokter hewan.
Ø Dengan
bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi menjadi dokter hewan serta
tugas-tugas seorang dokter hewan
Ø Siswa
mengamati gambar hewan peliharaan pada buku teks. Siswa mengamati gambar
anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa.
Ø Dengan
bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut
mengalami pertumbuhan.
- KEGIATAN PENUTUP
Ø Guru
memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat kesimpulan besar
tentang kegiatan pembelajaran pada hari ini.
Ø Melakukan
refleksi,
1. Manfaat apa yang akan kalian berikan kepada orang lain, dengan
cita-cita yang ingin kalian raih ?
Ø Menyanyikan
lagu daerah dilanjutkan berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
III. PENILAIAN
a. Teknik
Penilaian
1) Penilaian
sikap : Observasi selama
kegiatan
2) Penilaian
pengetahuan : Tertulis dan Lisan
3) Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
b. Bentuk
Penilaian / Alat
1) Sikap
Sikap
peserta didik yang muncul ketika proses pembelajaran
a) Sikap
Spiritual
Butir
sikap
: Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Catatan
perilaku : Berdoa sebelum dan sesudah belajar
b) Sikap
Sosial
Butir
Sikap : Disiplin
Catatan
Perilaku : Datang tepat waktu
2) Penilaian
pengetahuan
Kerjakan soal-soal berikut !
1. Apa
yang kamu ketahui tentang puisi ?
2. Apa
sebutan untuk pembuat puisi ?
3. Bagaimana
ciri-ciri puisi ?
4. Terdapat
berapa baitkah puisi diatas ?
5. Dalam
puisi diatas, cita-cita apakah yang ingin dicapai oleh penyair ?
Tulislah siklus hidup hewan berikut !
NAMA HEWAN
|
SIKLUS HIDUP
|
Ayam
|
Telur -
anak ayam – ayam dewasa
|
Sapi
|
|
Kupu-kupu
|
|
3)
Penilaian keterampilan :
Buatlah skema siklus hidup
mahluk hidup dengan gambar !
Mengetahui, Bekasi,
05 Januari 2020
Kepala SDN MUstikajaya IV Guru
Kelas IV
LAILI KHALILLAH,S.Pd.MM EDDIE
BUDIMAN,S.Pd
NIP. 197112241993072001
Comments
Post a Comment