RPP 1 LEMBAR K13.TEMA 6 PB3.KELAS 4SD.doc


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   : SDN MUSTIKAJAYA IV
Kelas / Semester     : IV / II
Tema / Subtema     : 6 /1 Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran          : 3
Muatan Pelajaran    : IPS ( 3.1, 4.1 ), PPKN ( 1.3,2.3,3.3, 4.3 ), BI ( 3.6, 4.6 )
Alokasi Waktu         : 1 Pertemuan

I.            TUJUAN PEMBELAJARAN
1)   Melalui kegiatan melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, siswa dapat mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari
2)   Melalui kegiatan pengamatan dan berdiskusi dalam kelompok, siswa dapat mengidentifikasi hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan benar
3)   Melalui kegiatan membuat puisi sendiri, siswa mampu menggunakan hasil pengamatannya tentang ciri-ciri puisi secara tepat
II.          KEGIATAN PEMBELAJARAN
  1. KEGIATAN PENDAHULUAN
Ø  Kelas dimulai dengan berdoa dan menanyakan kabar dan kehadiran siswa
Ø  Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Ø  Guru Bersama siswa mambaca dialog pembuka yang disajikan pada buku. Guru memberikan penekanan pada topik pembicaraan tentang seorang anak muda yang berhasil.
Ø  Guru meminta siswa untuk mencari nilai-nilai yang dapat mereka petik dari bacaan tersebut.
B.   KEGIATAN INTI
Ø  Siswa mengamati gambar yang disajikan pada buku. Guru membimbing siswa untuk melihat perbedaan pada gambar dari segi pekerjaan yang dilakukan. Guru mengaitkan diskusi ini dengan judul tema dan mendorong rasa ingin tahu siswa tentang keragaman kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat disekitar mereka.
Ø  Guru meminta siswa untuk memberikan pendapat tentang gambar yang mereka amati, secara individu siswa menuliskan hasil pengamatan mereka dalam kolom yang tersedia. Guru membimbing diskusi kelas untuk mengaitkan gambar yang siswa amati.
Ø  Guru memberikan pertanyaan pancingan kepada siswa.
1)   Menurutmu dilingkungan seperti apakah buah apel tumbuh dengan subur?
Ø  Guru memimpin diskusi dan memberikan penjelasan tentang kondisi lingkungan yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dengan subur.
Ø  Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan diskusi tentang macam-macam sumber daya alam. Siswa mengamati beberapa gambar yang disajikan dibuku. Guru memberikan pertanyaan yang terkait dengan gambar sumber daya alam ( usaha apa yang di lakukan manusia untuk mengelola SDA dan memanfaatkannya).
Ø  Siswa berdiskusi untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.  Siswa diminta mengidentifikasi lingkungan tempat hidupnya, potensi sumber daya alam dan mata pencaharian.
C.   KEGIATAN PENUTUP
Ø  Siswa mengolah hasil diskusinya dalam bentuk laporan yang berupa tabel dan menuliskan kesimpulannya. Siswa coba mencari tahu apakah perbedaan keragaman yang mereka temukan dimasyarakat juga dapat ditemukan di dalam kelas mereka.
Ø  Secara bergantian siswa saling bertanya tentang cita-cita dan manfaatnya bagi kehidupan di sekitarnya
Ø  Dengan bimbingan guru dalam diskusi, guru menjelaskan kembali cara pengolahan sumber daya alam dan cara memnfaatkannya terkait dengan potensi sumber daya alam yang tersedia di lingkungan sekitar.
Ø  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar hal-hal menarik yang siswa alami pada hari ini.
Ø  Menyanyikan lagu daerah, salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa
Kegiatan Bersama orangtua
Ø  Bersama dengan orangtua dirumah siswa membacakan kembali puisi hasil karyanya dan berdiskusi tentang bagaimana cita-cita mereka dapat tercapai.
III.       PENILAIAN
a.    Teknik Penilaian
1)   Penilaian sikap             : Observasi selama kegiatan
2)   Penilaian pengetahuan  : Tertulis dan Lisan
3)   Penilaian Keterampilan  : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Penilaian / Alat
1)     Sikap
Sikap peserta didik yang muncul ketika proses pembelajaran
a)   Sikap Spiritual
Butir sikap       : Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Catatan perilaku : Berdoa sebelum dan sesudah belajar
b)   Sikap Sosial
Butir Sikap              : Disiplin
Catatan Perilaku      : Datang tepat waktu
2)  pengetahuan :
Jawalah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.    Tuliskan sikap yang dapat dicontoh dari bacaan “ Peternak Muda dari Malang ?
2.    Apa upaya yang dapat kamu lakukan agar dapat menjadi sukses seperti tokoh diatas ?
Jawablah pertanyaan di bawah ini dan lengkapi tabel !
1.   Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada didaerahmu !



Lingkungan Daerah
Tempat tinggalmu
Potensi Sumber Daya Alam
Mata Pencaharian
Penduduk
Pantai
Ikan
Nelayan
Dataran rendah


Pegunungan







v   

3)  Keterampilan
Mengamati bentuk kerjasama di lingkungan sekolah


Mengetahui,                                                                     Bekasi, 07 Januari 2020
Kepala SDN MUstikajaya IV                                                Guru Kelas IV





LAILI KHALILLAH,S.Pd.MM                                           EDDIE BUDIMAN,S.Pd
NIP. 197112241993072001

Comments

Popular posts from this blog

Tugas tes formatif pendidikan seni di SD.pdgk 4207.doc

UTS PLH kls 5 SD.Doc

LATIHAN SOAL PAS semester ganjil.kls 4 SD.2018/2019